RI Terima Bantuan Ramadhan dari Arab Saudi: 15 Ton Kurma-Paket Sembako

Redaksi


IDNBC.COM
- Pemerintah Arab Saudi memberikan sejumlah bantuan ke pemerintah Indonesia di bulan Ramadhan 1442 Hijriah. Sebanyak 3 ribu paket sembako hingga 15 ton kurma diterima oleh RI.


Pemberian kurma ini dilakukan melalui Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta kepada ormas-ormas Islam hingga Kementerian Agama. Kegiatan ini dikemas dalam program buka puasa.

"Saudi memberikan bantuan kurma dan sembako, ini sangat kita apresiasi dan mudah-mudahan bermanfaat dan barokah untuk dinikmati masyarakat Indonesia," ujar Dirjen Binmas Islam Kemenag, Komarudin Amin di Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/4/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Staf Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Khudori menyampaikan pemerintah Arab Saudi setiap tahunnya rutin mengadakan program buka puasa. Program tersebut dibiayai oleh Raja Salman secara langsung.

"Untuk tahun ini agenda buka puasa itu kita kemas dalam bentuk sembako yang kita berikan melalui ormas. Itu ada 3.000 paket sembako dan 1 paketnya itu terdiri dari 13 item. Kurma juga pada tahun ini kita akan memberikan sekitar 15 ton kurma," ucapnya.

Adapun 10.000 paket buka puasa yang akan disalurkan ke beberapa lembaga dan pesantren se-Jabodetabek. Sedangkan kurma sebanyak 15 ton itu akan diberikan ke beberapa daerah di seluruh provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat KH Cholil Nafis mengatakan kegiatan ini dapat mempererat hubungan Arab Saudi dan Indonesia semasa Ramadhan 1442 Hijriah. Terlebih saat ini sedang pandemi sehingga perlu saling membantu satu sama lain.

"Ada beberapa bantuan, santunan juga, dari pemerintah Arab Saudi kepada ormas-ormas Islam yang hadir pada kesempatan kali ini, saya mewakili MUI," kata Cholil.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi menilai hubungan baik antara RI dan Arab Saudi. Dia mendoakan agar pandemi COVID-19 bisa segera berlalu.

"Untuk muslim di Indonesia dan seluruh dunia selamat menjalankan bulan puasa. Insyaallah tahun berikutnya pandemi COVID selesai, kita akan sangat bersyukur, insyaallah," kata Esam.

Esam sempat ditanya soal haji. Dia mengatakan kuota haji pasti bakal ada. Namun mesti menunggu kabar lebih lanjut.

"Insyaallah akan ada haji, tapi kami akan menunggu kabar lebih lanjut. Tapi pasti akan ada haji insyaallah, untuk muslim di Indonesia dan seluruh muslim di dunia," kata Esam.

Cholil Nafis juga sempat menanyakan ke Dubes Arab Saudi terkait kuota haji. Dia menyebut kuota haji itu ada, tapi hanya sedikit.

"Saya hanya nanya tadi sedikit apakah ada haji, insyallah ada, tapi sedikit. Kuotanya sedikit," jelas dia.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5533545/ri-terima-bantuan-ramadhan-dari-arab-saudi-15-ton-kurma-paket-sembako

Comments