Pidato Anies Bikin Sekjen PBB Terpukau, Jansen: Layak Diapresiasi

Redaksi


IDNBC.COM
- Viral pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mampu meyakinkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres soal usulan DKI terkait program mengatasi dampak perubahan iklim dan upaya mengurangi emisi karbon. Anies pun menuai pujian dari elite politisi di Tanah Air.


Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Jansen Sitindaon memuji Anies dan menyebut memang layak diapresiasi. Ia menyampaikan hal tersebut melalui cuitan di akun Twitternya, @jansen_jsp. VIVA sudah meminta izin Jansen untuk mengutip cuitannya di Twitter tersebut.

Jansen menilai siapa pun yang mewakili Indonesia di forum dunia layak diapresiasi. Meskipun, kata dia, ada perbedaan pilihan dan sikap politik.

"Baru nonton videonya. Diluar pilihan & posisi politik yg mungkin beda, siapapun yg sdg wakili Indonesia diforum dunia layak diapresiasi," tulis Jansen dikutip pada Senin, 19 April 2021.

Dia menyebut layak diapresiasi karena penyampaian pidato bagus. Selain itu, cara Anies mewakili wajah Indonesia di mata dunia internasional.

"Apalagi isinya bagus dimeja berdiri bendera merah putih. Krn itu wajah kita semua dimata asing. Suwun mas 
@aniesbaswedan utk acara PBB kemarin," tambah Jansen.

Sebelumnya, dalam forum dialog secara daring bersama Sekjen PBB dan pimpinan C40 Cities pada Jumat malam, 16 April 2021, Anies menjadi salah satu pembicara. Dalam pidato sekitar 2 menit itu, eks Mendikbud itu mengatakan pemerintah setiap kota punya tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi warganya. 

Menurutnya, upaya itu termasuk mengatasi dampak perubahan iklim dengan berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota.

Terkait Jakarta, Anies sebagai gubernur memiliki komitmen Ibu Kota negara RI itu sebagai kota berketahanan iklim. Bahkan, kata dia, Jakarta memiliki target zero emission pada tahun 2050. 

"Saat ini, kita sedang bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit (Transit Oriented Development)," ujarnya.

Pernyataan Anies itu langsung direspons Sekjen PBB Antonio Gutteres. Ia menekankan PBB akan mendukung sepenuhnya usulan Anies.

"Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB dari berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami," kata Gutteres.

Pun, mendengar respons Sekjen PBB, moderator forum dialog, David Miller yang juga Director of International Diplomacy for C40 Cities, mengapresiasi usulan Anies yang langsung disetujui PBB.

"Gubernur Baswedan, Anda berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," kata Miller.

Anies kemudian menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Miler dan Gutteres.

Sumber https://www.viva.co.id/amp/berita/nasional/1365720-pidato-anies-bikin-sekjen-pbb-terpukau-jansen-layak-diapresiasi

Comments