Panas! Israel Ingatkan Pesawat Tempurnya Bisa Jangkau Iran

Redaksi


IDNBC.COM -
Menteri Intelijen Israel, Eli Cohen, melontarkan peringatan terhadap Iran di tengah upaya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir tahun 2015 oleh Amerika Serikat (AS). Cohen memperingatkan bahwa pesawat-pesawat tempur Israel bisa menjangkau wilayah Iran.


Seperti dilansir Reuters dan Arab News, Jumat (30/4/2021), saat Presiden Joe Biden menjajaki kemungkinan kembalinya AS ke dalam kesepakatan nuklir tahun 2015 untuk menangkal program nuklir Iran, yang ditinggalkan pendahulunya, mantan Presiden Donald Trump, Israel meningkatkan seruan agar lebih banyak pembatasan diterapkan terhadap teknologi dan proyek Iran yang sensitif itu.

Pekan ini, Iran melanjutkan pembicaraan tidak langsung dengan Utusan AS di Wina, Austria, untuk mengembalikan kepatuhan atas kesepakatan nuklir itu. Namun Iran telah mengesampingkan pembatasan lebih lanjut terhadap aktivitas nuklirnya.

Menegaskan posisi Israel yang tidak terikat oleh diplomasi, Cohen memperingatkan bahwa kesepakatan nuklir yang buruk antara Iran dan negara-negara kekuatan dunia bisa memicu perang di kawasan.

"Kesepakatan yang buruk akan membawa kawasan ke dalam perang," cetusnya.

"Siapapun yang mencari keuntungan jangka pendek seharusnya juga memperhatikan jangka panjangnya. Israel tidak akan membiarkan Iran mendapatkan senjata nuklir. Iran tidak memiliki kekebalan di mana pun. Pesawat-pesawat kita bisa mencapai ke mana saja di Timur Tengah -- dan tentu saja Iran," tegas Cohen.

Iran menyatakan bahwa ambisi nuklirnya untuk tujuan damai.

Ditambahkan Cohen bahwa selain menolak Iran memperkaya uranium dan mengembangkan rudal balistik, kekuatan dunia juga harus menghentikan Iran 'mendestabilisasi negara-negara lain' dan mendanai militan.

Perundingan di Wina dibayangi oleh apa yang disebut sebagai serangan sabotase terhadap kapal-kapal Israel dan Iran, juga adanya ledakan di pusat pengayaan di kompleks nuklir Natanz, Iran. Otoritas Iran menuduh Israel mendalangi ledakan itu.

Cohen, sejalan dengan kebijakan Israel, menolak berkomentar.

Sumber https://news.detik.com/internasional/d-5552895/panas-israel-ingatkan-pesawat-tempurnya-bisa-jangkau-iran



Comments