Kesampingkan Berbagai Perbedaan, AS Berharap China Kerja Sama Tangani Perubahan Iklim

Redaksi


IDNBC.COM
- Di tengah ketegangan yang terjadi, Amerika Serikat (AS) berharap agar China dapat bekerja sama untuk melawan perubahan iklim. 


Utusan khusus Presiden Joe Biden yang ditugaskan untuk menangani isu iklim, John Kerry berharap kedua negara dapat mengesampingkan berbagai perbedaan untuk mengatasi ancaman perubahan iklim.

"Harapan kami adalah kami bisa sepakat dengan ya, China," ujar Kerry ketika melakukan kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Sabtu (3/4), seperti dikutip Reuters.

Hubungan China dan AS memanas dalam beberapa tahun terakhir atas ketidaksepakatan tentang perdagangan, perlakuan China terhadap minoritas Uighurnya, hingga tindakan China di Taiwan dan Hong Kong.

China telah berjanji untuk mencapai nol karbon pada 2060, sementara AS diperkirakan akan mengumumkan target baru untuk mengurangi emisi pada pertemuan puncak iklim global pada 22 April.

Menjelang pertemuan itu, Kerry akan mengambil bagian dalam dialog iklim untuk Timur Tengah dan Afrika Utara yang diselenggarakan oleh Abu Dhabi pada Minggu (4/4).

UEA mengatakan dialog itu akan fokus pada persiapan nasional dan regional menjelang KTT iklim PBB iklim yang akan diadakan di Glasgow pada November.

Kerry mengatakan negara-negara yang hadir akan membahas bagaimana mengurangi ketergantungan pada batu bara, serta bagaimana meningkatkan ambisi pada perubahan iklim menjelang KTT.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/04/481778/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-04-481778-kesampingkan-berbagai-perbedaan-as-berharap-china-kerja-sama-tangani-perubahan-iklim

Comments