Jokowi Pamerkan Pradesain Istana Negara di Ibu Kota Baru Berlambang Garuda

Redaksi


IDNBC.COM
- Desain sementara (Pradesain) pembangunan Istana Negara di Ibukota Negara yang baru di Kalimantan Timur, dipamerkan Presiden Joko Widodo di akun Instagramnya.


Dalam postingannya, Jokowi mengupload sebuah video berdurasi 2 menit 7 detik yang isinya memperlihatkan Pradesain Istana Negara di Kalimantan Timur tersebut, yang sekaligus menunjukan pradesig landscape perkotaan Ibukota Negara yang baru.

"Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibukota negara yang baru," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, Jumat (3/4).

"Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini," sambungnya.

Jokowi mengatakan, usulan Nyoman Nuarta sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda, sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan harapannya terkait desain Istana Negara di Ibukota Negara baru. Di mana, dia menginginkan agar bangunan itu tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

"Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," demikian Joko Widodo.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/03/481683/https-politik-rmol-id-read-2021-04-03-481683-jokowi-pamerkan-pradesain-istana-negara-di-ibu-kota-baru-berlambang-garuda

Comments