Giliran Pasukan Raider Kalajengking Kostrad TNI Mau Tembus Papua

Redaksi


IDNBC.COM
- Ternyata Tentara Nasional Indonesia sedang menyiapkan pasukan lagi untuk masuk menjaga keamanan di Papua.


Pasukan yang disiapkan kali ini berasal Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI, yaitu Batalyon Infanteri Mekanis Raider 412/Bharata Eka Shakti.

Batalyon yang berada di bawah kendali Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad sedang disiapkan untuk menjalankan misi operasi ke Papua dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Mobile RI-Papua Nugini.

Menurut Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi, latihan pratugas ini merupakan atensi dari komando atas guna meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit agar profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai prajurit pengamanan perbatasan.

"Tugas operasi merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara kepada prajurit sekaligus merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang prajurit, saya meminta agar seluruh prajurit untuk selalu pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI," kata Brigjen TNI Tjaturputra.

Belum diketahui pasti kapan pasukan tempur batalyon kalajengking hitam Kostrad ini akan diberangkatkan ke Papua, dan ada ditempatkan di wilayah mana.

Yonif Mekanis Raider 412/BES merupakan satuan tempur 1 Agustus 1959, batalyon yang bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah ini merupakan salah satu satuan tempur yang dibekali dengan kendaraan angkut personel M113 APC buatan Amerika.

Berdasarkan informasi terkini dilansir VIVA Militer, Kamis 29 April 2021, batalyon pasukan tempur berlambang kalajengking hitam ini akan segera melakukan latihan pratus sebelum diterjunkan ke Papua.

Latihan pratugas digelar di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dan Kepala Staf Divif 2 Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Tjaturputra Gunadi Genah telah melakukan pengecekan lokasi latihan.

Sumber https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1368964-giliran-pasukan-raider-kalajengking-kostrad-tni-mau-tembus-papua

Comments