Gelombang Tinggi, 50 Rumah Warga di Maukaro, Ende Terendam Air Laut

Redaksi


IDNBC.COM
- Gelombang tinggi air laut menerjang puluhan rumah warga di Dusun Maukaro 1 dan Dusun Nioniba, Desa Kebirangga, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende, pada Sabtu (3/4).


Tidak ada korban jiwa dalam musibah alam ini, tetapi gelombang tinggi sekitar 1'5 meter ini membuat warga panik. Apalagi air laut sampai masuk ke dalam rumah - rumah warga.

Salah seorang warga Desa Kebirangga, Marko Gani kepada media ini mengatakan gelombang pasang naik terjadi sekitar pukul 03.30 WITA dini hari hingga sore ini.

Adapun rincian rumah warga yang terendam air laut adalah Dusun Maukaro 1 sebanyak 20 unit rumah dan Dusun Nioniba 30 unit rumah.

Saat ini kata Marko Gani, warga mengungsi ke kebun dan ke rumah keluarga karena khawatir ada gelombang susulan malam ini.

Belum ada tindakan penanganan dan bantuan apapun dari Pemerintah guna menyelamatkan warga yang rumahnya terendam air laut.

Dirinya berharap ke depan agar pemerintah kabupaten bisa segera bertindak untuk membangun tanggul penahan ombak, agar kerusakan rumah warga di sekitar pantai tidak meluas.

Warga lainnya Kasimirus mengatakan saat ini mengungsi ke rumah keluarga dan semua barang-barangnya dipindahkan karena takut ada gelombang susulan yang lebih dahsyat.

Dijelaskan Kasmir kejadian air laut naik seperti itu baru terjadi sejak di bangun Dermaga tahun 2018. Rumah-rumah warga di bagian Utara menjadi korban jika ada gelombang laut naik.

"Sepertinya pergerakan ombak tidak terbuka karena terhalang penahan dermaga sehingga hempasan ombak selalu ke bagian utara," ungkapnya.

Lanjut Kasimirus, pihaknya meminta pemerintah untuk membangun tembok penahan gelombang agar masyarakat tidak menjadi korban.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/florespedia/gelombang-tinggi-50-rumah-warga-di-maukaro-ende-terendam-air-laut-1vTx0KsvoYr



Comments