Vaksin Sudah Berjalan, DPR Dorong Konser Musik Diizinkan Lagi

Redaksi


IDNBC.COM
- Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendorong industri kreatif, khususnya seni pertunjukan seperti konser musik kembali dibuka. Hal ini seiring dengan antusiasme warga untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.


Di sisi lain, menurut Huda, saat ini Indonesia mulai berhasil mengendalikan pandemi. Menurutnya, hal tersebut terlihat dari mulai menurunnya jumlah kasus positif Covid yang aktif di Indonesia.

"Kami mendukung kembali bergeraknya Industri kreatif di tanah air seiring tingginya antusiasme vaksinasi Covid-19 dan terus menurunnya kasus aktif dalam beberapa minggu terakhir," kata Huda dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/3).

Menurutnya, masyarakat saat ini menyambut antusias program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Politikus PKB itu juga mendesak pemerintah agar memprioritaskan pemberian vaksin bagi pelaku seni pertunjukan, baik musisi, aktor, komedian, hingga pelaku seni tradisional.

Sebab, menurutnya, mereka dapat mendorong aktif roda ekonomi di tanah air lewat pertunjukan seni budaya.

"Kami berharap para pelaku industri kreatif juga mendapatkan prioritas vaksinasi sehingga ruang kreasi di Indonesia kembali semarak," kata dia.

Huda mengatakan, sudah sewajarnya pemerintah mulai mempertimbangkan membuka kembali kegiatan seni budaya di ruang-ruang publik secara bertahap.

"Oleh karena itu sudah saatnya kita memikirkan bagaimana sektor industri kreatif kembali berjalan dengan menimbang opsi pembukaan konser musik dan seni pertunjukan lain secara bertahap," ujar anggota DPR yang terpilih dari Dapil Jawa Barat VII ( Kabupaten Karawang-Kabupaten Purwakarta -Kabupaten Bekasi) tersebut.

Menurut Huda, pembukaan kegiatan seni budaya itu dapat kembali menggairahkan kreativitas para pelaku seni, membangkitkan industri kreatif, serta memastikan ekosistem seni pertunjukan Indonesia tetap terjaga.

Ia tetap mengingatkan bahwa pembukaan kembali pertunjukan seni budaya perlu dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Huda mengatakan, setiap pertunjukan seni budaya juga harus membatasi kapasitas penonton.

Kemudian, pagelaran seni dilaksanakan di luar ruang, mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh dalam batas aman, dan ketersediaan sanitasi penunjang tetap terjaga selama pertunjukan.

Huda mengaku sudah berkomunikasi dengan para pelaku industri kreatif ini, salah satunya dengan asosiasi promotor musik Indonesia. Menurut dia, mereka bersedia membahas hal itu dengan pemerintah untuk merumuskan bagaimana konser bisa digelar.


Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210302104603-20-612532/vaksin-sudah-berjalan-dpr-dorong-konser-musik-diizinkan-lagi/amp



Comments