Sumur Bor di Bekasi Semburkan Gas hingga Munculkan Api

Redaksi


IDNBC.COM
- Warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dihebohkan semburan gas mudah terbakar dari dalam tanah di Kampung Pal Jaya, RT 02/RW 33, Desa Segara Jaya, Kecamatan Tarumajaya. Peristiwa tersebut bermula dari aktivitas pengeboran air tanah.


"Terus keluar gas bahkan sampai ada api. Di situ kita kaget semuanya," kata pengebor sumur air bersih Egi Nurhasan, Selasa (23/3) dikutip Antara.

Egi mengatakan gas tersebut keluar ketika pihaknya mengebor di kedalaman 20 meter kemarin sore. Ia melihat ada yang aneh di bagian pipa karena mengeluarkan bau gas.

Untuk memastikan, Egi mencoba menyulut gas tersebut dengan korek api. Dalam sekejap api menyala dari semburan gas tersebut..

Egi lantas bersama warga setempat berinisiatif melaporkan insiden tersebut ke petugas PT Pertamina.

"Gas yang sudah menyala menjadi api itu tidak mati meski dihembus angin kencang. Hingga kini belum mati juga. Untuk mengantisipasi kerusakan material, pemerintah desa setempat sudah memasang garis pembatas," katanya.

Babinsa Desa Segara Jaya Peltu Ajasmad mengatakan pihaknya sudah menutup lokasi pengeboran air tanah yang mengeluarkan gas tersebut.

"Kita tutup dulu untuk sementara waktu dengan semen dan pasir, kita lubangi dengan diameter dan kedalaman satu meter," kata Ajasmad.

Ajasmad mengaku warga merasa khawatir kejadian itu bisa memicu terjadinya kebocoran di titik lain sehingga lokasi itu dipasangi garis pembatas.

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Tarumajaya melakukan peninjauan ke lokasi pengeboran air tanah yang justru menyemburkan gas.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210323180604-20-621119/sumur-bor-di-bekasi-semburkan-gas-hingga-munculkan-api/amp

Comments