Malaysia Bangun Megaproyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Asia Tenggara

Redaksi


IDNBC.COM
- Malaysia memiliki proyek ambisius, yaitu membangun pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Asia Tenggara. 


Pembangkit tersebut akan dibangun di Pengerang, negara bagian Johor. Di mana pembangkit diharapkan dapat beroperasi secara penuh pada 2023.

Melalui keterangan yang dirilis kantornya pada Minggu (28/2), Sultan Ibrahim Iskandar dari Kerajaan Johor mengatakan proyek itu adalah proyek investasi swasta pertama Johor untuk tahun ini yang bernilai 1,4 miliar ringgit atau setara dengan Rp 4,9 triliun (Rp 3.500/ringgit).

"Disebut Sultan Ibrahim Solar Park, proyek 1,4 miliar ringgit akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas terpasang gabungan 450 megawatt," begitu isi pernyataan yang dikutip CNA itu.

Sultan Ibrahim sendiri direncanakan akan meresmikan peletakan batu pertama di lokasi proyek pada 23 Maret mendatang.

Menurut kantor sultan, proyek itu sejalan dengan rencana pembangunan berkelanjutan Johor 2030, yang berfokus pada pelestarian dan perlindungan lingkungan sebagai bagian dari rencana pembangunan ekonomi negara bagian.

Sultan menguraikan bahwa proyek tersebut akan memiliki dampak ekonomi yang sehat bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja di berbagai tingkat.

“Dengan proyek yang menarik ini, Johor akan membuat lompatan kuantum ke dunia energi bersih yang terbarukan dan berkelanjutan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa proyek tersebut akan menandai terobosan besar pertama Johor menjadi energi berkelanjutan skala besar untuk mendorong ekonomi hijau dan lingkungan yang lebih bersih.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/03/01/477046/https-dunia-rmol-id-read-2021-03-01-477046-malaysia-bangun-megaproyek-pembangkit-listrik-tenaga-surya-tebesar-di-asia-tenggara



Comments