Jalan di Trenggalek ini Langganan Banjir Tapi Penyebabnya Tak Pernah Dibenahi

Redaksi


IDNBC.COM
- Tingginya intensitas curah hujan mengakibatkan salah satu titik ruas jalan nasional di Trenggalek terendam banjir. Dampaknya akses lalu lintas menjadi terganggu.


Banjir setinggi 50 sentimeter tersebut merendam tikungan jalan nasional di Kelurahan Tamanan, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek. kondisi tersebut mengakibatkan kendaraan dari arah Ponorogo maupun sebaliknya banyak yang mogok saat melintasi genangan air.

Salah seorang warga, Adit Suparno, mengatakan banjir di lokasi tersebut sudah berulang kali terjadi. Bahkan kini menjadi langganan banjir saat terjadi hujan deras. "Sudah sering itu, banjirnya itu karena kondisi paritnya tidak normal, sehingga tidak mampu menampung air dari atas gunung. Jadi airnya meluap," kata Adit Suparno, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya,warga telah berulang kali melakukan gotong royong untuk membersihkan saluran di sekitar lokasi banjir. Namun hasilnya tidak maksimal, karena kondisinya sempit.

"Ketika hujan dengan deras, debit air dari atas lereng Gunung Jaas cukup besar dan membawa material berupa lumpur. Di sisi lain, kondisi parit di sekitar lokasi banjir cukup sempit, akhirnya ya selalu banjir," jelasnya.

Pihaknya berharap pemerintah segera melakukan revitalisasi saluran air di sekitar tikungan Tamanan tersebut, sehingga limpahan air dari lereng pegunungan dapat dibuang dengan lancar ke Sungai Bagong.

"Kalau dulu statusnya masih jalan provinsi, tapi sekarang jalan nasional, sehingga kewenangannya beda lagi," imbuh Adit.

Sementara itu, Kasatpol PPK Trenggalek, Triadi Atmono membenarkan adanya banjir di tikungan jalan nasional itu. Pihaknya akan segera melakukan upaya pembersihan lumpur jika kondisinya telah surut.

"Ini tadi Satpol PP masih ke lokasi, kalau memang sudah surut akan kami semprot lumpurnya agar tidak licin," kata Triadi.

Sumber https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5489872/jalan-di-trenggalek-ini-langganan-banjir-tapi-penyebabnya-tak-pernah-dibenahi

Comments