e-TLE Mobile Diluncurkan, Kapolda Metro: CCTV Bukti Mati Tak Terbantahkan

Redaksi


IDNBC.COM
- Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meluncurkan kamera electronic-traffic law enforcement (e-TLE) mobile. Kamera e-TLE ini nantinya bisa digunakan sebagai barang bukti tilang yang ditemukan polisi saat melakukan patroli.


Ada 30 unit kamera e-TLE mobile yang diluncurkan hari ini. Perangkat ini terpasang di badan (body cam), helm (helmet cam), dashboard kendaraan (dash cam).

"Hari ini saya meresmikan e-TLE mobile ada 30 e-TLE mobile yang akan kita operasikan. e-TLE mobile ini melengkapi e-TLE statis yang sudah ada," kata Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Fadil menjelaskan 30 kamera e-TLE mobile tersebut akan dipasang di kendaraan petugas. Lewat e-TLE mobile itu memungkinkan pengawasan pelanggaran lalu lintas dilakukan saat berpatroli.

Mantan Kapolda Jatim ini menambahkan, sistem penindakan menggunakan e-TLE diyakini mampu meminimalisir tindakan penyelewengan dari petugas saat melakukan penindakan kepada warga.

"Dengan e-TLE saya kira penegakan hukum akan semakin memiliki profesionalisme. Masyarakat akan mendapatkan tidak ada lagi persepsi yang saling menyalahkan karena bukti mati melalui pelanggaran yang terekam oleh CCTV tidak terbantahkan sehingga kesan terjadinya perilaku-perilaku transaksional dapat kita minimalisir," ujar Fadil.

Dalam e-TLE mobile ini beberapa fitur terpasang di kendaraan petugas. Fitur-fitur tersebut mulai dari body cam, helmet cam, hingga dash cam. Fadil menyebut kamera e-TLE mobile ini menjadi terobosan untuk menindak pelanggaran lalu lintas.

"Ini sebagai terobosan kreatif sehingga pelanggar lalu lintas bisa kita cover meski tidak ada kamera e-TLE yang statis. Selain itu ini akan menjadi alat untuk mengontrol perilaku anggota yang bertugas di lapangan," sebut Fadil.

Penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan kamera e-TLE sendiri menjadi salah satu terobosan yang dilakukan jajaran Polri di bawah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri sendiri dijadwalkan akan melakukan peluncuran 244 kamera e-TLE secara nasional di 12 Polda pada Selasa (23/3) mendatang.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5500740/e-tle-mobile-diluncurkan-kapolda-metro-cctv-bukti-mati-tak-terbantahkan

Comments