Diresmikan Anies, Patung Yuri Gagarin Kosmonot Soviet Berdiri di Jaksel

Redaksi


IDNBC.COM
- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan patung Yuri Gagarin di Taman Mataram, Jakarta Selatan. Patung Yuri Gagarin itu merupakan persembahan dari Pemerintah Federasi Rusia dalam rangka menandai hubungan bilateral dengan Indonesia yang sudah mencapai 70 tahun.


Yuri Gagarin merupakan kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I. Yuri lahir pada 1934 dan meninggal pada 1968 di era Uni Soviet.

Peresmian patung kosmonot Rusia itu dipublikasikan Anies melalui akun media sosialnya pada Rabu (11/3) kemarin. Peresmian ini dihadiri Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

"Hari ini, dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia - Rusia ke-70 tahun, sekaligus persahabatan kota Jakarta - Moskow, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan patung Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I. Patung Yuri Gagarin kini berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan," tutur Anies dalam keterangannya, seperti dilihat detikcom, Kamis (11/3/2021).

Anies pun menyambut baik kehadiran patung Yuri Gagarin itu. Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menghadirkan patung Yuri Gagarin di Jakarta.

"Kami menyambut baik momen perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006. Apresiasi kepada semua yang terlibat 'menghadirkan' Yuri Gagarin di Jakarta, dari Pemerintah Federasi Rusia, Kedutaan Besar Federasi Rusia, Kementerian Luar Negeri RI dan Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Menurutnya, 'kehadiran' Yuri Gagarin ini merupakan sebuah kehormatan di Jakarta. Dia berharap patung itu bisa menginspirasi anak-anak di Jakarta untuk menggapai cita-cita setinggi mungkin.

"Jakarta akan terus terlibat dalam kancah dunia, menjalin persahabatan dengan bangsa mana pun. Semoga persahabatan antara Rusia-Indonesia telah dijalin sejak masa Presiden Soekarno menjabat, makin erat dan membuka peluang kerja-kerja bersama baru ke depan antar kedua bangsa," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies mengungkapkan, persahabatan Indonesia dengan Rusia sudah terjalin erat sejak tahun 1950-an. Kala itu, persahabatan dengan negara yang masih bernama Uni Soviet itu ditandai dengan pertukaran pelajar.

"Buah dari persahabatan ini kita rasakan sampai sekarang. Ketika Indonesia mulai menghadapi pandemi COVID-19 setahun yang lalu, salah satu rumah sakit yang pertama melayani pasien rujukan COVID-19 adalah RS Persahabatan, nama lengkapnya RS Persahabatan Indonesia-Rusia, yang dibangun hasil kerja sama dengan Uni Soviet pada 1961-1963," pungkas dia.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5489403/diresmikan-anies-patung-yuri-gagarin-kosmonot-soviet-berdiri-di-jaksel

Comments