Walkot Jaksel: Warga Pejaten Timur Tak Masalah Kebanjiran, Bisa Tidur di Pasar

Redaksi


IDNBC.COM
- Plt Wali Kota Jakarta Selatan (Walkot Jaksel) meninjau lokasi banjir yang ada di RW 08 Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ia mengatakan warga yang mayoritas pedagang di Pasar Minggu terbiasa tidur di pasar ketika banjir datang.


"Kita sih siapin pengungsian di Masjid Al Makmur yah tapi karena ini, mereka sudah terbiasa ini nginep di rumah saudaranya atau balik ke pasarnya, Pasar Minggu, karena rata-rata pedagang ya, pedagang Pasar Minggu. jadi 'biar deh rumah kebanjiran, saya tidur dulu di pasar' ini udah sudah menjadi kebiasaan mereka dari zaman dulu," kata Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji saat ditemui di lokasi, Minggu (7/2/2021).

Isnawa datang untuk memastikan keselamatan warga yang rumahnya tergenang banjir. Ia datang sekitar pukul 18.20 WIB.

"Bukan langganan banjir ya, memang dari dulu daerahnya sudah rendah, ada di bantaran Ciliwung RW 07, RW 08 Pejaten Timur. Nah kita memastikan bahwa warga selamat," ujarnya.

Ke depan ia akan meninjau program Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) terkait program normalisasi sungai dan penataan bantaran sungai untuk mencegah banjir berulang. Isnawa juga menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang berkordinasi terkait hal tersebut.

"Ciliwung ini kan berkaitan dengan programnya BWSCC kementrian PUPR, kita akan terus mengupdate program tersebut. Saya yakin Pemprov DKI Jakarta sedang mengoptimalkan bekerjasama dengan PUPR, BWSCC ini. Karena sekali lagi kewenangan sungai ini, Ciliwung ini kewenangan pusat ya," lanjutnya.

Isnawa turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada relawan yang turun ke lokasi banjir. Plt Wali Kota Jakarta Selatan tersebut mengatakan telah mengkoordinasikan relawan terkait mitigasi bencana.

"Ya saya terimakasih pada teman-teman relawan, larena kita di Jaksel sudah mulai mengkoordinasikan seluruh teman-teman relawan yang berkaitan dengan mitigasi kebencanaan. Sehingga tadi sudah stand by perahu karet, kendaraan-kendaraan yang lain-lain," ujarnya.

Banjir di lokasi tersebut sempat mencapai tinggi 1,5 meter. Sebanyak empat RW terdampak banjir.

Pantauan, per pukul 17.10 WIB, Minggu (7/2/2021), di RT 05 RW 08, Kelurahan Pejaten Timur, banjir belum surut. Personel Damkar, Satpol PP, polisi, serta BPBD bersiaga di lokasi. Masih ada sejumlah warga yang bertahan di lantai dua rumahnya.

Kepala Pleton Grup C Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu, Yusuf Setiawan menuturkan ketinggian air belum berubah sejak siang tadi. RW yang terendam yakni RW 05, 06, 07, dan 08.

"Dari terima berita sekitar jam 1 siang, air sudah mulai naik. Jam setengah 3 air mencapai 1,5 meter sekarang kondisinya masih stabil, nggak naik nggak turun. Masih satu meter setengah," kata Yusuf kepada detikcom, Minggu (7/2).

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5365132/walkot-jaksel-warga-pejaten-timur-tak-masalah-kebanjiran-bisa-tidur-di-pasar

Comments