Produksi Sampah Meningkat, TPA Cibereum Sumedang Overload

Redaksi


IDNBC.COM
- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Cibeurem, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, telah melebihi kapasitas atau overload. Setiap hari, tempat itu menerima ratusan ton sampah yang dihasilkan dari masyarakat.


Berdasarkan catatan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang, dari 26 Kecamatan di Sumedang ini terdapat 1.152.400 jiwa penduduk. Sehingga menghasilkan rata-rata 345 ton sampah per hari.

Kepala Bidang Pengelola Sampah, DLHK Kabupaten Sumedang, Tatang Muchidin mengatakan, bahwa TPA Cibereum itu memiliki luas 11 hektare, namun saat ini sudah diambang batas kapasitas atau overload. Sehingga perlu secepatnya untuk direvitalisasi.

"Sekarang sudah terjadi pembakaran sampah yang dilakukan oleh para pemulung, namun hal itu kita biarkan daripada ( sampah menumpuk) karena sudah tidak ada solusi," kata Tatang saat melalui sambungan telepon, Minggu (21/2/2021).

Kata Tatang, sebetulnya tumpukan sampah yang sudah menggumpal itu tidak diperbolehkan untuk dibakar, sebab nantinya akan berdampak atau mengganggu pada polusi udara. Maka, solusi untuk mengatasi lonjakan sampah yang terus berkelanjutan, yaitu dengan cara memindahkan sampah serta memperluas kembali TPA tersebut.

Tatang mengaku, penanganan sampah di TPA Cibeurem ini masih menggunakan metode open dumping atau dengan cara sampah ditimbun hingga akhirnya terjadi pembakaran sampah.

"Jadi secara lingkungan, penanganannya ini di bawah standar atau tidak sesuai dengan standar," katanya.

Menurut Tatang, pihaknya selama ini sebetulnya sudah menyiapkan TPA lainnya yaitu TPA Cijeruk yang terletak di Kecamatan Pamulihan. Namun hingga saat ini tempat tersebut masih belum dapat digunakan karena masih dalam tahap pembangunan.

"Kita sekarang belum bisa melakukan revitalisasi (TPA Cibeureum) karena TPA Cijeruk belum jalan (masih tahap pembangunan)," kata Tatang.

Dirinya menginginkan TPA Cibeurem ini agar secepatnya di revitalisasi, sebab lahan tersebut sudah tidak memadai untuk menampung terus lebih banyak sampah.

Sumber https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5396416/produksi-sampah-meningkat-tpa-cibereum-sumedang-overload




Comments