Luhut Soal Target Vaksinasi 12 Bulan: Tidak Segampang Itu

Redaksi


IDNBC.COM
- Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah berharap vaksinasi Covid-19 di tanah air bisa tuntas dalam waktu satu tahun. Semua itu demi tercapainya kekebalan komunal (herd immunity).


"Kita coba target 12 bulan. Tapi tidak segampang itu. Saya baru bicara kemarin dengan teman-teman di Amerika Serikat. Mereka target pengen kejadian Desember (dapat vaksinasi) 20 juta hanya dapat 3 juta, dan 2 juta mungkin yang terakhir," kata Luhut dalam rapat dengan beberapa pemangku kepentingan dan epidimiolog dalam penanganan Covid-19, Kamis (4/2/2021).

Pada saat awal, Luhut bilang Indonesia melakukan penyuntikkan vaksin Covid-19 kepada 30 ribu orang, mayoritas tenaga kesehatan. Namun, proses itu pun belum berjalan optimal.

"Tapi kemarin kita perbaiki. Misalnya kan kemarin orang takut ditanya ini, itu, akhirnya jadi lambat. Sekarang kita suruh isi dulu di luar, kemudian dia baru datang. Karena bagaimanapun dia harus dicek. Jika langsung disuntik, takutnya ada masalah. Ini jadi dipercepat saja prosesnya," ujar Luhut.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210204195403-37-221177/luhut-soal-target-vaksinasi-12-bulan-tidak-segampang-itu




Comments