Luhut Panggil Perusahaan Asing Demi Urus Toilet di Danau Toba

Redaksi


IDNBC.COM
- Pemerintah bakal menunjuk perusahaan asal Swiss untuk mengurusi permasalahan WC/toilet di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Perusahaan itu adalah Mister Loo yang bakal membenahi beragam teknis yang terjadi di Danau Toba. Pemerintah mengetahui ada permasalahan besar di wilayah tersebut kala melakukan pengecekan ke 39 titik spot-spot tourism di Danau Toba.


"Nah salah satu hal yang kita perhatikan dan itu ada foto-fotonya adalah toilet-toilet umum itu sangat kalau saya bilang tidak manusiawi. Ada warga yang tinggal di situ, ada yang tidak ada airnya, ada yang atapnya tidak ada, ada yang pintunya hilang," Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Odo Manuhutu, dalam diskusi virtual, Jumat (19/2/2021).

Odo yang berada di bawah asuhan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut travel and tourism competitive index Indonesia masih rendah, salah satu aspek yang paling rendah adalah kualitas WC umumnya, bahkan nilainya di bawah 4. Angka tersebut jauh di bawah negara seperti Malaysia, Thailand atau Vietnam. Karena itu, permasalahan toilet perlu mendapat prioritas pembenahan.

Lalu, pertanyaan muncul, kenapa justru perusahaan luar negeri yang mengurusi hal dasar seperti Toilet? Apa sengaja ada penunjukan?

"Istilah yang tepat mungkin bukan ditunjuk tetapi diajak untuk berinvestasi di Danau Toba. Jadi tidak ada istilah menunjuk tetapi lebih tepat mengajak mereka untuk berpartisipasi. Kenapa Mister Loo? Tentu saja Kita semua terbuka untuk mendorong perbaikan sarana prasarana toilet umum yang juga dilakukan dari teman-teman PUPR, dan juga dari Kemenparekraf," sebutnya.

Odo mengklaim kebetulan Mister Loo memiliki standar tertentu yang masuk kriteria. mari kita gunakan standar yang terbaik. Sehingga wisatawan domestik atau internasional pada saat melakukan kunjungan ke spot-spot bisa memperoleh pelayanan yang prima.

"Sama seperti jika kita melakukan kunjungan ke mall ada standar-standar tertentu yang kita peroleh. Harapannya hal tersebut juga diperoleh ketika kita datang Labuan Bajo. Jadi melihatnya lebih kepada upaya kita untuk meningkatkan kompetitif indeks kita," kata Odo.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/news/20210219190930-4-224764/luhut-panggil-perusahaan-asing-demi-urus-toilet-di-danau-toba

Comments