Jokowi soal Pandemi Corona: No One is Safe until Everyone Is

Redaksi


IDNBC.COM
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak ada wilayah yang aman selama masih ada negara yang belum terbebas dari Covid-19. Ia pun mendorong negara-negara di dunia untuk saling bekerja sama.


Hal itu Jokowi sampaikan saat membuka International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic yang digelar secara daring.

"Kita harus memperkokoh kerja sama di internal masing-masing negara dan juga kerja sama kita dengan negara-negara di dunia. Spirit kerja sama perlu ditekankan karena no one is safe until everyone is," kata Jokowi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2).

Jokowi meyakini setiap negara sudah melakukan upaya menanggulangi krisis pandemi. Namun, ia mengingatkan pentingnya kerja sama dalam memperkuat upaya tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan soal vaksin Covid-19. Jokowi menyebut masing-masing negara sibuk berebut vaksin untuk rakyat masing-masing.

"Jangan pernah lupa bahwa kita harus terus mendorong agar kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua dapat terus kita dorong," ujarnya.

Jokowi mengklaim Indonesia sudah aman terkain stok vaksin Covid-19. Indonesia telah menyepakati sejumlah pembelian vaksin dari beberapa perusahaan internasional.

Meski begitu, Indonesia tak berpuas diri. Jokowi berkata Indonesia saat ini memperjuangkan akses vaksin Covid-19 bagi seluruh negara lewat organisasi internasional.

"Sudah menjadi tekad Indonesia untuk mengamankan akses vaksin bagi kebutuhan nasional. Namun, selalu berupaya berkontribusi bagi negara-negara lain, bagi dunia," katanya.

Hingga kemarin, Senin (22/2), total kasus positif Covid-19 sebanyak 1.288.833 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.096.994 orang dinyatakan sembuh dan 34.691 orang lainnya meninggal dunia.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210223145032-20-609854/jokowi-soal-pandemi-corona-no-one-is-safe-until-everyone-is/amp

Comments