Haru Pemakaman Pratu Anumerta Ginanjar di TMP Kota Banjar

Redaksi


IDNBC.COM
- Tembakan salvo menandai pemakaman Pratu (anumerta) Ginanjar Arianda di komplek pemakaman pahlawan Kota Banjar, Rabu (17/2/2021). Proses pemakaman berjalan lancar dan khidmat.


Bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Dandim 0613 Ciamis Letkol Dadan Ramdani. Pemakaman dihadiri pula oleh Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, serta sejumlah pejabat TNI/Polri.

Dadan mengatakan pihaknya mewakili TNI menyatakan belasungkawa atas gugurnya Pratu Ginanjar. "Almarhum adalah prajurit setia terhadap bangsa dan negara," kata Dadan saat memberikan sambutan. Pihaknya menambahkan Ginanjar adalah sosok yang memiliki dedikasi tinggi terhadap tugasnya sebagai prajurit. "Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesetiaan almarhum terhadap bangsa dan negara," kata Dadan.

Sementara itu raut kesedihan terlihat dari puluhan keluarga Ginanjar. Derai air mata pihak keluarga berkali-kali tumpah saat peti jenazah diturunkan ke liang lahat.

Bapak kandung Ginanjar, Dede Anda mengatakan meski berat namun pihaknya telah ikhlas melepas kepergian Ginanjar.

"Tidak ada yang saya harapkan selain doa dari semuanya, doakan anak saya," kata Dede.

Lebih lanjut Dede berharap pemerintah bisa segera menyelesaikan konflik di Papua. "Cukup anak saya yang jadi korban. Saya harap pemerintah segera selesaikan masalah di Papua, jangan dibiarkan berlarut-larut," kata Dede Anda.

Dia juga menyatakan terima kasih kepada pihak TNI yang memfasilitasi kepulangan jenazah anak bungsunya tersebut. "Terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang telah membantu," kata Dede Anda.


Tangis keluarga pecah saat menghantarkan jenazah Pratu Ginanjar ke peristirahatan terakhirnya Foto: Faizal Amiruddin

Almarhum Pratu Ginanjar merupakan anggota organik Yonif Raider 406/CK Brigif 4 Dipenogoro. Kemudian dia ditarik atau BKO untuk memperkuat Yonif Raider 400 Banteng Raider, sebelum akhirnya diterbangkan bertugas di Kabupaten Intan Jaya Papua.

Almarhum gugur akibat luka tembak di bagian pinggang pada saat kontak senjata dengan KKB Papua. Markasnya yang terletak di Distrik Sugapa diserang KKB pada Senin lalu.

Sumber https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5376989/haru-pemakaman-pratu-anumerta-ginanjar-di-tmp-kota-banjar




Comments