Wah! Panda Albino Pertama Dunia Kembali Terlihat di China

Redaksi


IDNBC.COM
- Giant Panda yang satu ini spesial banget. Perkenalkan, ini adalah panda albino.


Dilansir dari Daily Mail, seekor panda albino langka terlihat di Cagar Alam Nasional Wolong di barat daya Provinsi Sichuan. Sebenarnya, gambar panda albino pernah terlihat tahun lalu di area yang sama.

Para peneliti menyimpulkan bahwa panda albino ini adalah panda yang sama seperti yang terlihat tahun lalu. Panda albino dikondisikan sebagai mutasi genetik dan sangat langka. Karena jarang sekali albinisme terjadi, apalagi untuk spesies yang rentan seperti panda.

Panda bermata merah itu terlihat di kamera infra red saat berjalan-jalan di hutan, sekitar 2.000 mdpl. Kira-kira umurnya satu sampai dua tahun.

Si panda albino terlihat sedang berjalan lurus dan membelakangi kamera selama 3 menit. Tiga hari kemudian, panda tersebut muncul lagi dan tertangkap di kamera yang berbeda di pegunungan sekitar satu km jauhnya dari tempat pertama.

Hanya dalam sepuluh menit, panda albino yang menggemaskan ini sudah terlihat lagi di dasar gunung. Wih, cepat juga ya.

Setelah melihat hewan langka itu, pejabat Cagar Alam Nasional Wolong menunjuk tim yang terdiri dari 15 orang untuk menutupi area lokal dengan kamera infra red. Ini dilakukan agar pihak taman nasional bisa memantau aktivitas si panda langka.

"Dilihat dari rekaman dan gambar, hewan langka itu tampak tumbuh nyata dengan bulu yang agak keemasan," ujar Li Sheng, seorang peneliti dan spesialis beruang untuk Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Dia menambahkan bahwa hewan itu tampak kuat secara fisik dan berjalan dengan stabil. Ini berarti si panda telah beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya.

Para peneliti meyakini bahwa panda tersebut berjenis kelamin betina dan telah meninggalkan ibunya untuk pindah ke tempat lain dan hidup sendiri saat dewasa.

Tim peneliti lokal berencana untuk memperluas area pemantauan mereka untuk mempelajari panda albino dan jenisnya dengan lebih jauh. Semoga panda albino ini tetap sehat dan tidak diganggu pemburu, ya!

Sumber https://travel.detik.com/travel-news/d-5345248/wah-panda-albino-pertama-dunia-terlihat-di-china




Comments