TNI Baku Tembak dengan KKB Papua di Intan Jaya, Papua

Admin


IDNBC.COM
- Baku tembak terjadi antara Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1).


Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan kontak tembak itu telah berlangsung sejak pukul 06.30 WIT.


"Benar terjadi kontak tembak antara KKSB dengan Satgas Pamtas di Kampung Titigi, Distrik Sugapa,Intan Jayamulai pukul 06.30 Wita. Sampai saat ini masih terjadi kontak tembak," kata Suriastawa dalam keterangannya, Jumat (22/1).


Suriastawa belum menjelaskan secara rinci ihwal kronologi kontak tembak tersebut. Sebab, sampai saat ini kontak tembak masih berlangsung.


"Untuk lebih detailnya akan saya infokan setelah kondisi di lapangan aman terkendali," ujarnya.


KKB sebelumnya juga melakukan aksi pembakaran pesawat MAF PK-MAX di Kabupaten Intan jaya. Tepatnya, di di Bandara Kampung Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya pada Rabu (6/1) lalu.


Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, pesawat itu diawaki oleh seorang pilot yang merupakan warga negara Amerika bernama Alex Luferchek.


Dia membawa dua penumpang dengan tujuan Pagamba melalui Bandara Perintis milik MAF di Distrik Biandoga.


Pesawat itu sebenarnya telah mendarat di bandara. Namun, setelahnya pilot diadang oleh KKB di sekitar lokasi.


"Pilot di suruh turun dari Pesawat kemudian datang seseorang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk," kata Kamal melalui keterangan resmi, Kamis (7/1).


Pilot kemudian berhasil diamankan oleh para pendeta dan masyarakat sekitar ke Kampung Tekai yang merupakan wilayah perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba.


Meski pilot berhasil diamankan, tapi KKB langsung melakukan pembakaran terhadap pesawat.


Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210122115755-20-597095/tni-baku-tembak-dengan-kkb-papua-di-intan-jaya


Comments