Semarang Akan Punya Patung Bung Karno, Diklaim Tertinggi di Indonesia

Redaksi


IDNBC.COM
- Kota Semarang akan memiliki ikon wisata baru, yaitu Patung Bung Karno yang diklaim menjadi patung tertinggi di Indonesia.


Patung setinggi 14 meter ini akan ditempatkan di tengah Polder Tawang atau di tengah kolam depan Stasiun Besar Tawang.

Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu mengatakan, pembangunan patung tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan sejatinya peresmian dilakukan tahun 2020.

"Tapi karena kondisi pandemi jadi belum terlaksana," kata Hevearita diberitakan Kantor Berita RMOLJanteng, Kamis (28/1).

Meski terhenti pengerjaannya akibat pandemi Covid-19, anggaran untuk penyelesaian revitalisasi Polder Tawang tidak terkena refocusing.

 "Oleh PT KAI pembangunan tetap dilanjutkan dan mulai minggu ini sudah dirakit patungnya, karena patung setinggi 14 meter ini kan dipotong-potong. DIharapkan perakitannya ini selesai dalam waktu tiga minggu,” jelasnya.

 Setelah perakitan patung Bung Karno yang tingginya melebihi patung Cheng Ho ini selesai, akan dilakukan pembersihan di area polder tawang. Bahkan kedepan untuk menuju patung Bung Karno akan dibangunkan jembatan kaca seperti yang ada di museum Kota Lama.

 Selama dilakukan revitalisasi polder tawang, terhitung 1 Februari, jalan raya di depan Stasiun Tawang rencananya akan mulai ditutup, karena area tersebut memang masih kawasan milik KAI.

 "Jika kemarin dari rekayasa lalu lintas, untuk angkutan-angkutan berat bisa langsung ke kiri untuk langsung ke pelabuhan, dan untuk kendaraan kecil tetap melalui jalan Merak,” imbuhnya.

 Ke depan, setelah revitalisasi polder tawang selesai, maka sekitar bulan Juni Polder Tawang akan diresmikan oleh PT KAI.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/01/29/472723/https-nusantara-rmol-id-read-2021-01-29-472723-semarang-akan-punya-patung-bung-karno-diklaim-tertinggi-di-indonesia

Comments