Pratu Roy, Prajurit Banteng Raiders TNI Gugur Ditembak OPM Papua Hari Ini

Admin


IDNBC.COM
- Militer Nusantara Tentara Nasional Indonesia (TNI) berduka cita, prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG dari Batalyon Raider 400/Banteng Raiders, Komando Daerah Militer IV Diponegoro, gugur dalam bentrok tembak dengan kelompok separatis bersenjata OPM Papua.


Almarhum bernama Prajurit Satu Roy Vebrianto, dia merupakan Komandan Kelompok Senapan 2 Regu 3, Pleton I Kompi Senapan Yonif Raider 400/BR.


Dilansir VIVA Militer, almarhum gugur akibat tertembak di bagian dada di wilayah Titigi, Kabupaten Intanjaya, Papua, Jumat 22 Januari 2021. Pratu Roy menghembuskan napas terakhir di perjalanan menuju  Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Caritas, Timika.


Kejadian bermula sekitar pukul 06:35 WIT, terjadi serangan oleh OPM. Mereka melepaskan tembakan ke Pos TNI Titigi. Penyerangan dilakukan dalam jarak sekitar 200 meter hingga tembakan mengenai Pratu Roy. Peluru mengenai dada sebelah kanan.


Mendapatkan serangan itu dan ada korban dari pihak TNI, akhirnya pasukan dikerahkan ke lokasi untuk memberikan dukungan kekuatan dan evakuasi korban.


Satu jam berselang tim evakuasi berhasil menjangkau lokasi dan proses evakuasi dilangsungkan dengan cepat.  Lalu Pratu Roy dievakuasi ke Bandara Bilorai, Sugapa dan diterbangkan dengan Helikopter Caracal menuju Timika.


Sementara itu, pasukan TNI Yonif Raider 400/BR langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang telah melarikan diri usai melakukan penyerangan.


Perlu diketahui, Pratu Roy merupakan prajurit Banteng Raiders ketiga yang gugur ditembak OPM dalam tiga bulan terakhir. Sebelum dua prajurit Banteng Raiders juga gugur yakni Pratu Firdaus pada November 2020, dan Prada Agus pada 10 Januari 2021.


Pasukan Yonif Raider 400/Banteng Raiders dikerahkan ke Papua sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile RI-Papua Nugini. Pasukan tempur ini mulai diberangkatkan dari markas mereka di Srondol, Semarang, Jawa Tengah, pada 25 Agustus 2020.





Comments