Kapolri Listyo Puji Idham Azis: Karakter Elang Pemimpin

Redaksi


IDNBC.COM
- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melontarkan sejumlah pujian kepada Jenderal Idham Azis yang telah memimpin Korps Bhayangkara yang kini ia gantikan.


Listyo menyebut bahwa kepemimpinan Idham Azis selama dia menjadi anak buahnya berjalan dengan sangat baik. Dia bahkan mengibaratkan Idham sebagai elang pemimpin. Menurutnya, sosok jenderal bintang empat yang pensiun Februari nanti adalah sosok yang bertanggung jawab.

"Elang pemimpin itu tidak perlu melahirkan dirinya seperti burung merak burung nuri ataupun burung kepodang untuk disegani dan dikenal oleh lawan dan kawan dan ini sejalan dengan pribadi beliau bapak Idham Azis," kata Listyo saat memberikan sambutan dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri, Rabu (27/1).

"Yang tidak suka melakukan pencitraan dalam bekerja. Namun lebih mengutamakan hasil dan kerja nyata," tambahnya lagi.

Listyo pun menegaskan bahwa keberhasilannya selama memimpin Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga merupakan campur tangan dari sosok Idham azis.

Dia menuturkan, selama ini banyak menerima banyak masukan dari Idham selama memimpin pucuk pimpinan Korps Bhayangkara sehingga dirinya bisa banyak mengungkap banyak kasus-kasus yang menarik perhatian publik.

"Tentu berkat dukungan dan arahan beliau. Beliau adalah sosok senior yang saya kagumi dan senantiasa menjadi teladan dan role model dalam kedinasan maupun kehiupan sehari-hari," tambahnya lagi.

Dalam sambutannya itu, Listyo juga menyinggung tentang tradisi baru di Korps Bhayangkara untuk mengantar calon pimpinannya ke DPR RI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Hal itu, kata dia, diinisiasi oleh Idham Azis sehingga harus dijaga dan diwarisi selalu.

Menurutnya, langkah itu dapat menunjukkan soliditas di internal kepolisian terjalin dengan baik.

"Terima kasih Bapak Jenderal Idham Azis yang memberikan semua ini," ucapnya.

Jenderal Idham Azis resmi menyerahkan Panji Tribrata Polri kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (27/1). Hal ini menandai komando Korps Bhayangkara penuh di bawah Listyo Sigit sebagai Kapolri.

Dalam pidato pertama usai dilantik, Listyo menekankan peran Polri dalam penanganan pandemi virus corona.

Listyo menyatakan Polri akan mendisiplinkan masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ia menegaskan, keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi. Di sisi lain, Listyo juga berbicara mengenai peran Polri dalam mengawal pertumbuhan ekonomi nasional yang ikut terdampak pandemi.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210127162941-12-599155/kapolri-listyo-puji-idham-azis-karakter-elang-pemimpin

Comments