Awas Tipu-tipu! SWI Sebut Akun Instagram Ini Investasi Bodong

Redaksi

IDNBC.COM
- Bermunculannya modus investasi bodong yang menjaring korban di berbagai platform membuat Satgas Waspada Investasi (SWI) menjadi antisipatif dan bergerak cepat untuk memberantasnya.

Baru-baru ini muncul lagi akun investasi dengan iming-iming imbal hasil (profit) investasi dengan nilai pasti dan dapat didapatkan harian oleh investornya.


Dalam sebuah akun instagram bernama @petersalim_investing, akun ini menawarkan investasi dana harian dengan nilai tertentu dengan dalam bentuk titip dana. Investor menitipkan dana dengan jumlah tertentu kepada pengelola akun tersebut, kemudian akan mendapatkan profit harian dengan skema sharing profit 70:30.


Di akun tersebut ditampilkan sejumlah testimoni dari orang-orang yang mengakui telah menggunakan platform tersebut, beserta dengan foto-foto jumlah keuntungan yang didapatkannya.


"Disini tempatnya, kami akan mengubah hidup perekonomian anda. Tunggu apa lagi ayo buruan investasikan dana anda segera, slot terbatas tiap hari," tulis akun ini, dikutip CNBC Indonesia, Senin (18/1/2021).


Tak tanggung-tanggung, pengelola ini juga memberikan jaminan 100% uang kembali jika terjadi kerugian investasi. Namun kemungkinan untuk merugi hanya mencapai 10% saja.


"Jangan takut investasikan dana anda di @petersalim_investing karna jaminan modal kembali 100% utuh jika LOSE 🙏."


Nilai imbal hasil yang ditawarkan nilainya gila-gilaan. Terdapat beberapa plan yang ditawarkan oleh akun tersebut dengan nilai investasi paling besar Rp 700 ribu dan paling besar Rp 5 juta. Dengan investasi Rp 700 ribu nantinya si penitip dana akan mendapatkan keuntungan Rp 9 juta hingga investasi Rp 5 juta akan mendapatkan keuntungan Rp 95 juta.


Menanggapi hal tersebut, Ketua SWI Tongam L. Tobing mengatakan pihaknya juga telah banyak menerima pengaduan terkait dengan modus investasi tersebut. Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan kegiatan online trading yang dilakukan oleh perorangan tanpa ada izin dari pihak yang berwenang.


"Ini kegiatan trading online yang dikelola pihak perorangan tanpa izin. Kami menerima pengaduan juga mengenai kegiatan serupa. Kami akan tindak lanjut analisis dan pemblokiran," kata Tongam kepada CNBC Indonesia.


Sumber https://www.cnbcindonesia.com/market/20210118124027-17-216802/awas-tipu-tipu-swi-sebut-akun-instagram-ini-investasi-bodong





Comments