Polling: 80 Persen Penduduk AS Setuju Joe Biden Menang Pilpres AS

Admin


IDNBC.COM
- Presiden Amerika Serikat Donald Trump masih belum juga menyatakan terbuka jika dia kalah dalam pemilihan umum minggu lalu. Namun jajak pendapat menyatakan 80 persen warga Amerika setuju jika pemenang pemilu adalah Joe Biden.


Lembaga Reuters/Ipsos melakukan jajak pendapat dengan bertanya pada warga Amerika Serikat, termasuk mereka dari Partai Republik sebagai pendukung Presiden Trump, sejak media mengatakan Joe sebagai pemenang pilpres hari Minggu.


Dalam jajak pendapat yang dikeluarkan hari Selasa waktu setempat, hampir 80 persen warga AS, diantaranya lebih dari 50 persen pendukung Partai Republik mengakui kemenangan tokoh Partai Demokrat, Joe Biden.


Jajak yang dilakukan selama empat hari dari hari Sabtu sampai hari Selasa itu mengatakan 79 persen warga dewasa Amerika Serikat sepakat jika Joe Biden akan menjadi penghuni Gedung Putih untuk masa empat tahun berikutnya sebagai Presiden AS ke-46.


Hanya 13 persen yang mengatakan hasil pemilu masih belum bisa ditentukan, tiga persen mengatakan Trump menang, dan lima persen mengatakan tidak tahu.


Jajak pendapat juga menanyakan apakah pemilu berlangsung jujur dan adil.


Hasilnya 70 persen warga Amerika (85 persen pendukung Demokrat dan 59 persen pendukung Republik) mengatakan para petugas telah melakukan tugas mereka dengan "kejujuran".


Survei juga menyimpulkan 72 persen warga berpikiran pihak yang kalah harus mengakui kekalahan dan 60 persen menyatakan pemindahan kekuasaan dari Donald Trump ke Joe Biden pada tanggal 20 Januari akan berlangsung mulus.





Comments