Amien Rais ke Jokowi: Jabatan Tinggal 30 Bulan, Jangan Tambah Utang

Redaksi


IDNBC.COM
 - Ketua Dewan Syuro Partai Ummat Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo tidak menambah utang. Dia mengingatkan bahwa masa jabatan Jokowi akan selesai tidak lama lagi.


"Waktu anda sebagai presiden tinggal 30 bulan. Cobalah jangan tambah utang lagi," tutur Amien dalam pidato peringatan Milad 1 Tahun Partai Ummat, Minggu (17/4).


Di kesempatan yang sama, Amien juga menyarankan Jokowi untuk berhenti memaksakan proyek pemindahan ibu kota negara (IKN).


Menurutnya, proyek tersebut membutuhkan dana yang sangat besar sehingga lebih baik tidak dipaksakan.


"Pembangunan IKN yang cekak dana sebaiknya dihentikan dulu. Jangan nekat, jangan 'isin mundur' [malu untuk mundur], ucap Amien.


Amien pun meminta Jokowi untuk pro terhadap kepentingan masyarakat. Menurutnya, negara tidak boleh mengutamakan kepentingan kelompok tertentu. Apalagi jika sampai bersinggungan dengan kepentingan asing.


"Mengabdilah kepada kepentingan rakyat Indonesia sendiri. Bukan kepentingan oligarki yang lebih berorientasi meladeni kepentingan asing," sambungnya.


Selain menyebut soal IKN dan utang negara, Amien meminta Jokowi tegas mengeluarkan pernyataan menolak perpanjangan masa jabatan presiden.


Menurutnya, pernyataan Jokowi sejauh ini masih belum tegas terhadap isu perpanjangan masa jabatan presiden yang mencuat.


"Pak Jokowi secepatnya membuat pernyataan yang jelas, lugas, tegas, dan trengginas, bahwa anda secara mutlak akan mengakhiri jabatan sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024, persis seperti perintah konstitusi," tutur Amien.


Amien pun menyarankan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mundur dari jabatannya. Dia menganggap masyarakat sudah menilai buruk figur maupun kinerjanya sebagai menteri.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220417200151-32-785815/amien-rais-ke-jokowi-jabatan-tinggal-30-bulan-jangan-tambah-utang



Comments