Tarik Pasukan dari Afganistan, Trump Kecam Biden Tak Kompeten

Redaksi


IDNBC.COM
  - Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump mengecam Joe Biden dengan julukan "pemerintahan yang tidak kompeten" terkait dengan penarikan tentara AS dari Afganistan.


Hal itu dilontarkan Trump bertepatan dengan peringatan 20 tahun serangan Menara Kembar WTC pada 11 September 2001.

Serangan terhadap World Trade Center di New York dan Pentagon di Washington DC itu didalangi oleh organisasi Al-Qaeda yang bermarkas di Afganistan.

"Ini adalah hari yang sangat menyedihkan," kata Trump dalam pesan itu, lewat sebuah pesan video, Sabtu (11/9).

"Ini juga saat yang menyedihkan karena perang kita terhadap mereka yang melakukan kerusakan seperti itu pada negara kita berakhir pekan lalu," lanjutnya seperti dikutip AFP.

Ambisi AS untuk memburu pemimpin Al Qaedalah yang lantas membuat negara itu melakukan operasi militer di negara itu untuk mencari Osama bin Laden.

Saat itu, Al-Qaeda tengah berlindung di Afghanistan yang dikuasai Taliban. Invasi AS di Afganistan berusaha menggulingkan rezim Islam itu dalam upaya untuk menemukan para pemimpin kelompok itu.

Tapi Taliban segera melancarkan pemberontakan lewat perang selama dua dekade yang harus dibayar mahal oleh warga sipil Afghanistan. Namun akhirnya setelah 20 tahun pendudukan, Taliban berhasil menyerbu kembali ke kekuasaan bulan lalu ketika AS menarik semua pasukannya.

"Pemimpin negara kita dibuat terlihat seperti orang bodoh dan itu tidak bisa dibiarkan," kata Trump.

Dia menyalahkan "perencanaan yang buruk, kelemahan yang luar biasa dan para pemimpin yang benar-benar tidak mengerti apa yang sedang terjadi."

Trump juga menyesali kematian 13 tentara AS dalam ledakan bom di Kabul bulan lalu selama evakuasi hiruk pikuk dari Afghanistan, dan miliaran dolar peralatan militer AS yang ditinggalkan dan disita oleh Taliban "tanpa ada tembakan yang dilepaskan."

"Joe Biden dan pemerintahannya yang tidak kompeten menyerah dalam kekalahan," lanjut Trump.

"Kami akan berjuang untuk pulih dari rasa malu yang disebabkan oleh ketidakmampuan ini."

Sumber https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210911204627-134-692996/tarik-pasukan-dari-afganistan-trump-kecam-biden-tak-kompeten/amp

Comments