Masa Kampanye Pemilu 2024, Diusulkan Cukup 4-5 Bulan

Redaksi


IDNBC.COM  -
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengusulkan agar masa kampanye Pemilu 2024, digelar hanya 4-5 bulan. Siti optimistis durasi masa kampanye tersebut dapat memberikan efek pendidikan politik yang positif untuk masyarakat.


“Masa kampanye cukup 4-5 bulan saja. Kalau itu dilakukan secara efektif, tidak distortif maka akan memberikan efek pembelajaran dan pendidikan politik yang baik,” kata Siti epada Beritasatu.com, Senin (13/9/2021).

Menurutnya, pengalaman Pemilu 2019 telah menunjukkan masa kampanye yang sangat panjang dapat membuat masyarakat terpecah belah dan konflik antar masyarakat pun tidak dapat dihindarkan.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan Pemilu 2019, masa kampanye memakan waktu sekitar 7 bulan, mulai dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Kemudian pada 14-16 April 2019 dimulai masa tenang.

“Pengalaman Pemilu 2019, menunjukkan panjangnya durasi kampanye membuat masyarakat terbelah dan konflik pun bermunculan,” ujar Siti.

Lebih lanjut, Siti mengatakan panjangnya tahapan pemilu, terutama masa kampanye dalam Pemilu 2024, akan mengganggu fokus aparat keamanan dan ketertiban, seperti TNI dan Polri dalam penanganan Covid-19.

Selama ini, aparat TNI dan Polri telah diterjunkan untuk turut berpartisipasi dalam pengendalian Covid-19, terutama dalam disiplin penerapan protokol kesehatan serta percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Penanggulangan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatannya melibatkan TNI dan Polri. Seperti yang sudah-sudah pemilu juga melibatkan TNI dan Polri,” terang Siti Zuhro.

Karena itu, pemerintah harus memikirkan bagaimana perhelatan besar seperti pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024 dapat ditangani dengan baik tanpa kerusuhan. Mengingat, tenaga TNI dan Polri saat ini difokuskan untuk penanganan dan penendalian pandemi Covid-19.

“Idealnya, pemilu tidak perlu melibatkan TNI dan Polri kalau kompetisinya berjalan free and fair dan tidak distortif,” tegas Siti.

Sumber https://www.beritasatu.com/amp/politik/827187/masa-kampanye-pemilu-2024-diusulkan-cukup-45-bulan

Comments