Kehadiran Puan di Banten Penting sebagai Pengawasan Langsung DPR

Redaksi


IDNBC.COM  -
Pengajar Komunikasi Politik di Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, mengungkapkan, kehadiran Ketua DPR RI Puan Maharani dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Banten menjadi hal yang penting bagi pengawasan kerja DPR kepada pemerintah. Selain melalui laporan dan data, observasi langsung DPR terhadap kinerja pemerintah perlu dilakukan.


"Satu sisi pemerintah bisa memamerkan kinerjanya kepada DPR sebagai pengawasnya, 'ini lho hasil kerja kami'. Di sisi lain, DPR bisa melihat, memberi masukan atau bahkan mengkritik langsung jika ada kinerja pemerintah yang tidak sejalan dengan kepentingan rakyat," ujar Ari dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Ari menambahkan, pengawasan langsung DPR terhadap kinerja pemerintah lewat kunjungan kerja bersama ini mencirikan gotong-royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Menurutnya pengawasan tidak harus selalu mengutarakan pendapat di rapat, tapi bisa lewat observasi langsung sama-sama di lapangan dengan suasana cair dan gembira.

"Yang penting, baik pemerintah maupun DPR, membawa 'catatan' masing-masing untuk evaluasi pelayanan publik," ucap Ari.

Menurut Ari, kerja-kerja pemerintah dalam pengelolaan BUMN, percepatan dan pemerataan vaksinasi, dan komunikasi dengan pimpinan daerah, memang perlu pengawasan DPR. Sebab, menurutnya hal tersebut bertujuan agar BUMN yang mayoritas modalnya menggunakan uang negara, uang rakyat, harus kembali manfaatnya untuk rakyat.

"Kemudian bagaimana vaksinasi harus diawasi oleh DPR, bagaimana kendala dan tantangannya di lapangan. Apalagi kita tahu Banten ini kan provinsi yang tingkat vaksinasinya rendah," tambah Ari.

"Semua kendala dan tantangan dalam vaksinasi dan penanganan COVID-19 di Banten pasti akan dikemukakan dalam Forkopimda setempat, dan DPR harus mengetahuinya untuk evaluasi bersama demi percepatan dan pemerataan vaksin untuk rakyat," tutur Ari.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Banten tersebut, Jokowi mengajak Puan menghadiri peresmian pabrik baru PT Krakatau Steel, peninjauan vaksinasi pelajar dan masyarakat umum di sekolah dan puskesmas, serta pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5734211/kehadiran-puan-di-banten-penting-sebagai-pengawasan-langsung-dpr

Comments