Rencana Awal Jokowi buat Blok Rokan yang Kembali ke Pangkuan RI

Redaksi


IDNBC.COM  -
Sebanyak 10 orang perwakilan pekerja Pertamina Hulu Rokan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Blok Rokan ini resmi beralih dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan.


Pertamina Hulu Rokan menargetkan bisa mengebor 161 sumur tahun ini dan 500 sumur tahun depan. Lalu proyek oil recovery juga sudah mulai dijalankan.

Selain itu ada beberapa pesan dan pembahasan yang dilakukan selama pertemuan. Mulai dari arahan Jokowi yang meminta jika produksi terus ditingkatkan sampai pembahasan tentang proses peralihan.

Principal Expert Upstream Pertamina Hulu Rokan Budianto Renyut mengungkapkan jika Presiden mengarahkan kepada para pekerja di Pertamina Hulu Rokan untuk menjaga dan memastikan produksi. Para pegawai ini juga telah beralih dan diterima menjadi pegawai Pertamina.

"Dalam pertemuan tadi kami dapat arahan dan harapan dari pak Presiden, bahwa kami semuanya menjaga dan memastikan produksi bisa ditingkatkan untuk ke depannya, untuk Blok Rokan," ujarnya.

Langsung Ngebor

Setelah proses peralihan ini, Pertamina Hulu Rokan langsung mengerjakan Sumur perdana yang dibor di Wilayah Kerja (WK) Rokan oleh Pertamina adalah Sumur Bangko P03reg 5. Pengeboran dilakukan Selasa 10 Agustus kemarin, sehari setelah alih kelola dilakukan pada 9 Agustus.

"SKK Migas bersyukur dan mengapresiasi komitmen PHR paska alih kelola WK Rokan, sehingga kegiatan yang telah direncanakan dapat direalisasi tepat waktu, yaitu Selasa 10 Agustus," kata Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno.

Sumur Bangko P03reg 5 dibor menggunakan Rig BN-18 berkapasitas 550 Horse Power (HP), dengan target kedalaman trajectory lubang sedalam 2150 feet.

"Sumur ini ditargetkan untuk memproduksikan minyak, dengan desain tiga rangkaian casing 13-3/8 inch, 9-5/8 inch, dan 7 inch. Pengerjaannya sendiri kami estimasi berjalan 10 hari sampai ke fase komplesi sumur," jelas Julius.

Sesuai hasil revisi Work, Program, and Budget (WP&B) 2021, PHR akan melakukan pemboran untuk 141 sumur pada tahun 2021. Komitmen jumlah pemboran baru ini merupakan perubahan dari rencana awal PT PHR yang hanya mengebor 84 sumur pada tahun 2021.

Sumber https://finance.detik.com/energi/d-5680262/rencana-awal-jokowi-buat-blok-rokan-yang-kembali-ke-pangkuan-ri/amp

Comments