Ramal Covid-19 Bukan Wabah Terakhir yang Dihadapi Indonesia, Luhut Dorong Investasi Kesehatan

Redaksi


IDNBC.COM  -
Sebuah perkiraan yang belum dijelaskan secara rinci dan berlandaskan ilmiah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan.


Dalam sebuah siaran di akun Instagramnya, Luhut menyampaikan dugaan ke depan tentang munculnya wabah lain setelah Covid-19.

"Pemerintah menyadari bahwa Covid-19 kemungkinan besar bukan wabah terakhir yang akan kita hadapi," ujar Luhut dikutip Kantor Berita Poltik RMOL pada Kamis sore (26/8).

Meski tidak menjelaskan hal-hal mendasar yang memperkuat dugaannya tersebut, lebih lanjut Luhut menyarankan agar pemerintah memulai reformasi bidang kesehatan nasional, walaupun untuk saat ini masih harus melakukan ikhtiar melawan pandemi Covid-19 yang belum jua mereda sejak Maret 2020.

"Kita terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas pencegahan dan penanganan wabah serta mendorong investasi kesehatan untuk masuk, termasuk di bidang mutakhir seperti bioteknologi dan sistem informasi kesehatan," tuturnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi datangnya wabah baru, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Pulau Jawa-Bali ini mendorong penyediaan anggaran yang lebih banyak lagi untuk sektor kesehatan.

"Alokasi anggaran kesehatan hari ini yang mencapai ratusan triliun, saya kira sudah saatnya direformasi dengan mendorong penggunaan produk dalam negeri demi menciptakan multiplier effect yang tinggi, sehingga akan membawa kita menjadi suatu bangsa yang mandiri dan tidak tergantung pada produk luar negeri," demikian LBP.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/26/501944/ramal-covid-19-bukan-wabah-terakhir-yang-dihadapi-indonesia-luhut-dorong-investasi-kesehatan

Comments