Luhut: Kita Mungkin Akan Hidup Bertahun-tahun dengan Masker

Redaksi


IDNBC.COM  -
Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau warga untuk membudayakan memakai masker. Sebab, lanjutnya, masyarakat akan hidup dengan menggunakan masker selama bertahun-tahun ke depan.


"Kami imbau pada kesempatan ini, supaya seluruh masyarakat membudayakan untuk memakai masker. Ini karena kita mungkin akan hidup dalam bertahun-tahun ke depan dengan masker ini," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

Luhut mengatakan, selain vaksinasi COVID-19, makser merupakan salah satu alat untuk mencegah penularan virus Corona, terutama varian Delta.

"Karena ini salah satu alat, di samping vaksin, untuk mencegah penularan varian Delta," ujarnya.

Kepatuhan Prokes Meningkat

Luhut mengungkapkan, saat ini kepatuhan terhadap protokol kesehatan semakin meningkat. Dia mengatakan, ada kenaikan 5 persen dalam penggunaan masker dibanding bulan Februari dan Maret.

"Saya juga akan sampaikan perkembangan yang terus membaik dari pelaksanaan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak - red). Testing dan tracing, serta capaian vaksinasi," kata Luhut.

"Kepatuhan mengenai menggunakan masker telah mencapai 82%. Meningkat 5% dibanding bulan Februari Maret dan ini pekerjaan yang tidak mudah," imbuh dia.

Luhut juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam penanganan COVID-19. Terutama dalam hal peningkatan 3T (testing, tracing, dan treatment) dan vaksinasi.

"Terima kasih juga kepada TNI, Polri, Pemda, semua pihak, mahasiswa. Anak-anak muda kita yang telah bahu-membahu bekerja untuk mensukseskan ini," ungkap Luhut.

Pelaksanaan 3T Meningkat

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, saat ini jumlah orang yang dites dan di-tracing juga terus meningkat. Dia mengungkapkan, ada kenaikan 3 kali lipat sejak bulan Mei 2021.

"Dalam hal peningkatan jumlah testing dan tracing, jumlah spesimen orang yang dites meningkat secara signifikan hingga tiga kali lipat sejak bulan Mei 2021. Selain itu dari segi tracing, keterlibatan TNI, Polri mampu meningkatkan jumlah kontak erat yang berhasil ditracing saat ini," pungkasnya.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5676201/luhut-kita-mungkin-akan-hidup-bertahun-tahun-dengan-masker/amp

Comments