Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Akses Ibu Kota Baru

Redaksi


IDNBC.COM
  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan seksi 5. Jalan tol seksi 1 ini meliputi Balikpapan-Samboja, sedangkan seksi 5 Sepinggan-Balikpapan.


"Bismillah sore hari ini saya resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan seksi 5," ungkap Jokowi dalam Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (24/8).

Diketahui, jalan tol ini merupakan salah satu akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Jokowi menjelaskan jalan tol Balikpapan-Samarinda secara total dibangun sepanjang 97 km. Sementara, khusus seksi 1 Balikpapan-Samboja memiliki panjang 22,03 km dan seksi 5 Sepinggan-Balikpapan memiliki panjang 97,99 km.

"Sore hari ini Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda 97 km," ucap Jokowi.

Ia berharap jalan tol ini dapat membuat titik pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Kalimantan. Selain itu, jalan tol ini diharapkan dapat memperbaiki jaringan logistik lebih baik ke depannya.

"Jadi akses lancar nanti bisa menurunkan biaya logistik," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama JBS Jinto Sirait menjelaskan dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

Pasalnya, jalan tol ini menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda.

Ia memaparkan ketika beroperasi nanti, maka akan ada dua gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, yaitu Gerbang Tol (GT) Manggar.

Gerbang tol ini terkoneksi dengan Jalan Mulawarman yang merupakan akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

Gerbang tol kedua yakni GT Karang Joang yang terkoneksi dengan Jalan Nasional Soekarno Hatta Km 13 dan Akses Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau.

Sebagai informasi, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 Km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 Km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 Km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 Km).

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran. Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua Rest Area tipe A yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210824153606-92-684679/jokowi-resmikan-tol-balikpapan-samarinda-akses-ibu-kota-baru/amp

Comments