Jokowi dan Parpol Koalisi Juga Bahas Otonomi Daerah yang Dinilai Tak Efektif

Redaksi


IDNBC.COM  -
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan para petinggi partai koalisi pada Rabu (25/8/201) salah satunya membahas evaluasi sistem otonomi daerah.


Pasalnya, sistem otonomi daerah yang berlaku saat ini dirasakan kurang efektif untuk pengambilan keputusan seperti di masa darurat pandemi Covid-19.

"Yang keempat, dibahas mengenai ketatanegaraan otonomi daerah dan sistem pemerintahan sebagai akibat dari dampak Covid-19. Di mana dibutuhkan sekali kecepatan dalam mengambil keputusan," ujar Johnny saat memberikan keterangan pers yang ditayangkan KompasTV, Rabu malam.

"Dibutuhkan evaluasi menyeluruh agar Indonesia di dalam tata kelola pemerintahan pusat, pemerintah daerah dan sistem pemerintahan nasional itu dapat memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat," lanjutnya.

Menurut Johnny, hasil evaluasi saat ini, otonomi daerah dan sistem aturan perundangan di Indonesia cukup menyulitkan dalam mengambil keputusan.

Hal ini merupakan kendala yang disebutnya harus diatasi.

"Sehingga setelah 23 tahun otonomi daerah di terapkan perlu dilakukan evaluasi menyeluruh agar kita mempunyai sistem desentralisasi kekuasaan yang lebih efektif," tutur Johnny.

"Dan lebih cocok di dalam pengambilan keputusan yang cepat khususnya pada situasi-situasi kedaruratan seperti ini (pandemi Covid-19). Kita perlu mereview secara menyeluruh," tambahnya.

Selain otonomi daerah, kata Johnny, ada empat topik lain yang dibahas oleh Jokowi dan para petinggi partai koalisi saat pertemuan di Istana Negara pada Rabu sore.

Empat topik itu adalah penanganan pandemi Covid-19, perekonomian nasional, strategi ekonomi dan bisnis negara dan ibu kota negara.

Adapun peserta pertemuan pada Rabu sore yakni Presiden Joko Widodo beserta tujuh ketua umum dan tujuh sekjen parpol.

Mereka adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Ketua umum Nasdem Surya Paloh didampingi Sekjen Nasdem Johnny G Plate, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Golkar Lodewijck Paulus.

Kemudian, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar didampingi Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Ketua Umum PPP Bapak Suharso Monoarfa didampingi Sekjen PPP Arwani Thomafi.

"Dan yang ketujuh sahabat baru koalisi Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Bapak Eddy Soeparno," tambah Johnny.

Sumber https://amp.kompas.com/nasional/read/2021/08/26/06401211/jokowi-dan-parpol-koalisi-juga-bahas-otonomi-daerah-yang-dinilai-tak-efektif

Comments