Jogja Sebentar Lagi Punya Kereta Bandara

Redaksi


IDNBC.COM -
Pembangunan jalur kereta api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah selesai pada bulan ini. Dari keseluruhan proyek progres sudah mencapai 98%


"Target awal selesai akhir Desember 2021, tapi penyelesaian bisa lebih cepat pada Agustus ini. Kita patut bersyukur percepatan bisa dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah, dapat memangkas waktu sampai sekitar empat bulan," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dari keterangan resmi, Senin (16/8/2021).

Faktor pendukung percepatan konstruksi ini antara lain, dari proses pengadaan tanah yang berjalan lancar, masyarakat menerima besaran harga yang ditetapkan tim Kantor Jasa Penilai Publik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, dan masyarakat Kapanewon Temon khususnya kelurahan Kaligintung, Kalidengen, Glagah, dan semua pihak sehingga pembebasan lahan bisa cepat selesai,"jelasnya.

Faktor lainnya, adalah kemudahan dalam birokrasi pemerintah daerah, pemilihan konstruksi Slab on Pile (SOP) atau fondasi yang ditumpu tiang pancang yang tepat. Sehingga tidak perlu menggunakan tanah urugan seperti konstruksi konvensional.

Menurut Zulkifli, proses monitoring dan evaluasi juga turut mendukung proses percepatan penyelesaian pembangunan KA Bandara ini. Agar perencanaan sesuai target dan permasalahan bisa dicarikan jalan keluarnya dengan cepat.

Ditjen Perkeretaapian membangun jalur ganda KA Bandara YIA pada Desember 2019, yang mulai dari stasiun Kedundang ke arah bandara YIA sepanjang 5,4 km. Konstruksi sepanjang 5,1 km yang elevated atau melayang dengan 16 unti konstruksi jembatan serta 300 meter jalur at grade.

Pada tahap awal operasional komersial disiapkan 30 perjalanan KA per hari dengan waktu tempuh 39 menit, atau sekitar 50 menit lebih cepat dibanding menggunakan jalan darat dari pusat kota menuju bandara YIA.

Bandara ini akan berhenti di tiga stasiun pelayanan yakni, Stasiun Tugu Yogya, stasiun Wates, dan stasiun KA Bandara YIA, dengan headway rata-rata 60 menit. Apabila kondisi penerbangan normal maka frekuensi kereta akan ditingkatkan sampai 56 perjalanan dengan headway rata-rata 30 menit.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/news/20210816143126-4-268812/jogja-sebentar-lagi-punya-kereta-bandara-agustus-kelar/amp

Comments