Jawab Teguran Megawati, Ganjar Pranowo: Waktu Itu Sambutan, Saya Tidak Bisa Menjelaskan

Redaksi


IDNBC.COM  -
Teguran soal ancaman tenggelamnya daratan khususnya di Jawa Tengah bukan hanya dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Tetapi, teguran yang sama disampaikan juga oleh Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri.


Begitu dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Webinar IA-ITB bertajuk "Jakarta Tenggelam", Selasa malam (10/8).

"Sebenarnya tegurannya bukan cuma dari Joe Biden, tapi dari Bu Mega kemarin," kata Ganjar.

""Hey Ganjar gimana itu rob nya?" (Saya jawab) baik bu siap. Tapi karena waktu itu sambutan, saya tidak bisa menjelaskan apa yang kota kerjakan," imbuh Ganjar yang juga kader PDIP.

Ganjar menjelaskan, sejumlah langkah mitigasi terhadap ancaman tenggelamnya daratn di utara Jawa Tengah sudah dilakukan sejak enam tahun lalu.

"Jadi 6 tahun yang lalu, Pemerintah Kota Semarang menurut saya punya inisiatif lebih cepat sehingga pengendalian-pengendalian itu relatif lebih cepat," ujarnya.

Hanya saja, lanjutnya, langkah mitigasi tersebut menghadapi sejumlah hambatan. Salah satunya, adalah soal rencana manajemen tata ruang dan manajemen tata uang untuk kepentingan ekonomi individu atau kelompok tertentu.

"Di Kota Semarang saya ceritakan akan menghadapi problem besar karena tarik ulur antara pengendalian tata ruang dengan desakan tata uang, ini akan tarik ulur yang kemudian kadang-kadang keputusannya agak melemah," pungkasnya.

Hadir pembicara lainnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah ahli geologi dan lingkungan ITB.

Teguran Megawati pada Ganjar disampaikan saat acara pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami yang digelar DPP PDIP secara virtual, Rabu (4/8).

Mega mengaku sudah mengingatkan Ganjar soal tata kelola Pelabuhan Semarang serta potensi banjir rob. Peringatan tersebut bahkan telah disampaikan jauh-jauh hari sebelum Ganjar dilantik sebagai Gubernur Jateng.

"Dari awal kamu (Ganjar) saya jadikan (dicalonkan) Gubernur Jawa Tengah, kamu sudah pernah saya omongi urusan pelabuhan Semarang dan sebagainya," kata Mega dikutip dari channel YouTube PDI Perjuangan, Kamis (5/8).

Di hadapan para kader, Megawati mengatakan potensi Semarang tenggelam harus segera dicarikan solusinya.

"Gimana tuh Semarang. Karena saya bilang, mengko yen wes enek rob nangis (nanti kalau sudah ada banjir rob nangis)," tambah Mega.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/08/10/500000/jawab-teguran-megawati-ganjar-pranowo-waktu-itu-sambutan-saya-tidak-bisa-menjelaskan

Comments