Gubernur New York Andrew Cuomo Mundur Usai Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Redaksi


IDNBC.COM  -
Gubernur New York Andrew Cuomo memutuskan mundur dari jabatannya pada Selasa (10/8). Keputusannya itu dibuat usai adanya penyelidikan terkait pelecehan seksual yang dilakukan Cuomo ke 11 wanita.


Dilansir Reuters, Cuomo memutuskan mundur setelah Jaksa Agung New York Letitia James pada 3 Agustus merilis hasil penyelidikan independen lima bulan yang menyimpulkan dia terlibat dalam perilaku yang melanggar hukum AS dan negara bagian. Politikus Demokrat yang telah menjabat sejak 2011 itu juga mendapat tekanan dari berbagai pihak, salah satunya Presiden AS Joe Biden atas kasus tersebut.

Show more

Dalam penyelidikan yang dirinci dalam laporan setebal 168 halaman, menemukan bahwa Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif kepada wanita termasuk saat ini dan mantan pekerja pemerintah - salah satunya adalah polisi negara bagian - dan membalas setidaknya satu wanita yang menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Dalam pidatonya, Cuomo membantah semua tuduhan yang dilayangkan. Meski begitu dia akan bertanggung jawab penuh karena menyinggung para wanita melalui apa yang dia sebut sebagai upaya yang disalahpahami untuk menjadi penuh kasih sayang atau lucu.

Menurut dia melawan tuduhan itu saat masih menjabat akan melumpuhkan pemerintah negara bagian dan merugikan masyarakat yang telah membayar pajak. Apalagi saat ini pemerintah tengah menghadapi pandemi corona.

"Saya pikir, mengingat situasinya, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah jika saya minggir dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah - dan oleh karena itu, itulah yang akan saya lakukan," kata Cuomo.

Pengunduran diri itu akan berlaku efektif 14 hari sejak diumumkan pada Selasa (10/8).

Jabatan yang ditinggalkan Cuomo akan diisi oleh Letnan Gubernur Kathy Hochul. Ia juga merupakan seorang Demokrat dari New York barat. Wanita pertama yang menjadi Gubernur New York itu akan menjabat hingga masa jabatan Cuomo abis yaitu Desember 2022.

Cuomo menjadi Gubernur New York kedua yang mundur karena skandal. Sebelumnya pada 2008, Eliot Spitzer juga mengundurkan diri karena perlindungannya terhadap pelacur. Cuomo juga menjadi orang kuat terbaru yang diturunkan dalam beberapa tahun terakhir setelah munculnya gerakan sosial #MeToo melawan pelecehan dan pelecehan seksual yang telah mengguncang politik, Hollywood, dunia bisnis, dan tempat kerja.

Pengunduran dirinya menghindarkan Cuomo dari kemungkinan pemecatan dari jabatannya melalui proses pemakzulan di badan legislatif negara bagian. Investigasi pemakzulan yang sedang berlangsung hanya berjanji untuk mengintensifkan.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/kumparannews/gubernur-new-york-andrew-cuomo-mundur-usai-dituduh-lakukan-pelecehan-seksual-1wJ5SsVysM7

Comments