Deklarasi Besar-besaran Relawan Ganjar

Redaksi


IDNBC.COM  -
Deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo digelar secara besar-besaran. Relawan yang menamakan diri mereka 'Sahabat Ganjar' mengklaim menggelar deklarasi dukungan di 34 provinsi, untuk Ganjar sebagai calon presiden (capres) 2024.


Sahabat Ganjar di Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar di sebuah rumah di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas. Dilakukan secara sederhana, namun tetap menerapkan prokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19.

Selesai deklarasi, relawan Ganjar ini menggelar bakti sosial. Sahabat Ganjar membagikan sekitar 100 paket sembako, yang didapat dari hasil patungan pengurus Sahabat Ganjar Bojonegoro.

Sambil membagikan sembako, Sahabat Ganjar juga memperkenalkan sosok Ganjar. Narasi yang dibangun, Gubernur Jawa Tengah itu merupakan sosok pemimpin yang didambakan.

"Kita mendambakan seorang pemimpin masa depan Indonesia dan Ganjar Pranowo bagi kami beliau satu-satunya," ucap Ketua Sahabat Ganjar Bojonegoro, Muhammad Nur Muwahidin, kepada detikcom, Minggu (22/8/2021).

Dukungan terhadap Ganjar sebagai penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebetulnya lebih dulu menggema di Blitar Raya, bertepatan dengan HUT ke-76 RI. Relawan yang mengatasnamakan diri Ganjarist, mendeklarasikan dukungannya di sebuah rumah, di Jalan Palem, Kota Blitar.

Penjaringan relawan Ganjar di Blitar Raya ini dimulai sejak 3 bulan lalu. Proses kaderisasi dan simpatisan hasil pendataan terakhir diklaim sebanyak 3.800 orang, dan ditargetkan terus bertambah.

"Dengan kredibilitas dan kapabilitas Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng dan hasilnya bagus sekarang, kami yakin Pak Ganjarlah yang mampu meneruskan program-program Jokowi sekarang," kata Ketua Ganjarist Blitar, Yusuf Wibisono saat berbincang, Rabu (18/8/2021).

"Harapan kami, nanti Pilpres 2024 Pak Ganjar mendapatkan rekomendasi dari parpol apapun. Syukur-syukur dari tempat menginduknya sekarang (PDIP)," imbuhnya.

Ganjarist Blitar merasa tepat dukungan dideklarasikan saat ini, meski Pilpres 2024 masih hitungan tahun. Alasannya, persiapan menuju 2024 tak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan.

"Banyak yang menilai deklarasi Ganjarist Blitar Raya terlalu dini. Premature. Akan tetapi tidak sama sekali bagi kami. Karena kinerja relawan jika waktunya instan akan dirasa sangat berat. Kami ingin meringankan beban kami sendiri di hari H nanti," tutur Yusuf.

Selain di Bojonegoro, deklarasi dukungan Sahabat Ganjar juga digelar di salah satu kafe di Jalan Siliwangi, Kecamatan Kuningan, Jawa Barat. Mayoritas anggota relawan Ganjar Pranowo di Kuningan ini adalah kaum milenial.

"Kebetulan hari ini 22 Agustus kami melakukan deklarasi, ini juga dilakukan serentak di 50 kota/kabupaten di Indonesia termasuk di Kuningan. Deklarasi ini murni dari relawan, tidak ada dari partai apapun atau pihak manapun," sebut Ketua Sahabat Ganjar Kabupaten Kuningan, Mila Kurnia, saat diwawancarai detikcom, Minggu (22/8/2021).

Sebelum deklarasi, para relawan Ganjar ini konvoi keliling Kota Kuningan dengan menaiki delman. Mereka melihat sosok Ganjar tidak jauh berbeda dengan Jokowi, bersahaja.

"Kenapa milih Pak Ganjar, menurut kami sosok beliau itu sangat bersahaja, tidak jauh beda dengan Pak Jokowi jadi kenapa kita jatuh cinta dengan bapak berambut putih, 

Deklarasi dukungan relawan Ganjar juga menggema di DI Yogyakarta (DIY). Deklarasi dari Ganjarist DIY digelar kemarin dengan cara yang cukup unik. Para anggotanya memakai baju lurik yang dipadukan dengan blangkon dan kain jarit.

"Ganjar Pranowo merupakan alternatif pemimpin masa depan dan sosok yang sangat mumpuni," sebut Ketua Ganjarist DIY, Hendriantoro saat deklarasi, Kalasan, Sleman, Minggu (22/8/2021).

Ganjarist sendiri dibentuk dengan tujuan menjadi wadah untuk mengenalkan Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024, yang diisi oleh relawan lintas profesi, dan usia. Sama seperti Sahabat Ganjar di Kuningan, Ganjarist DIY juga menilai Ganjar tidak berbeda dengan Jokowi.

"Ganjarist DIY memandang Ganjar dekat dengan rakyat. Karakternya tidak berbeda dengan Presiden Jokowi. Ganjar adalah wajah rakyat," ujar Hendriantoro.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5692263/deklarasi-besar-besaran-relawan-ganjar

Comments