Rusa Keliaran di Jalanan Denpasar saat PPKM Darurat

Redaksi


IDNBC.COM
  - Video sejumlah rusa berkeliaran di jalanan Kota Denpasar, Bali, viral di media sosial (medsos). Video rusa tersebut menyedot perhatian warganet.


Pasalnya, video rusa berkeliaran itu dikaitkan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang diterapkan di Bali.

Dalam video yang beredar terlihat ada sebanyak lima rusa terlihat berlarian ke arah utara tepat di traffic light depan mal Ramayana Jalan Diponegoro, Denpasar. Situasi itu terjadi pada malam hari dan jalanan pun terlihat sepi.

Beberapa pengendara yang bertemu rusa tersebut di jalan langsung mengabadikan momen itu dengan ponselnya. Video viral yang beredar juga menunjukkan diambil dari atas kendaraan roda dua.

Berdasarkan penelusuran detikcom, momen rusa berkeliaran di jalanan tersebut terjadi pada Sabtu (26/6/2021) lalu sekitar pukul 23.00 Wita. Lima ekor rusa tersebut merupakan hewan peliharaan di kediaman Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana.

Rusa tersebut merupakan hibah dari Istana Negara Bogor, Jawa Barat. Namun rusa yang berada di kediaman Pangdam IX/Udayana dipindahkan dari Istana Negara Tampaksiring, Bali. Total ada sebanyak 8 rusa di kediaman Pangdam IX/Udayana.

"Benar. Rusa dari Istana Bogor untuk kediaman Pangdam. Dari dulu sudah di sana," kata Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika, saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (10/7/2021).

Menurutnya, rusa tersebut dipelihara di kediaman Pangdam IX/Udayana. Seharusnya rusa tersebut tidak bisa berkeliaran bebas, sebab ada pagar sejenis kawat yang menghalangi.

Namun, sejak beberapa waktu lalu sedang ada renovasi di rumah kediaman Pangdam IX/Udayana. Beberapa ekor rusa tersebut akhirnya pada malam itu.

"Rusa itu memang di kediaman Pangdam. Dilepas gitu, tapi ada pagar sejenis kawat. Sekarang kan rumah dinas Pangdam sedang renovasi dan belum selesai. Ya malam-malam lewat celah-celah yang renovasi rusa-rusa keluar," terangnya.

Kini rusa tersebut telah dimasukkan kembali ke kediaman Pangdam IX/Udayana. Saat mendapatkan informasi dari masyarakat pada malam itu, lima ekor rusa tersebut langsung dievakuasi.

"Langsung malam itu juga (dievakuasi). Kan rusa tidak buas," jelas Mardika.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5638774/viral-rusa-keliaran-di-jalanan-denpasar-saat-ppkm-darurat-ini-faktanya/amp

Comments