Longsor di Kaki Bukit Loeng Terjang Permukiman Warga Kepayang

Redaksi


IDNBC.COM
  - Akibat cuaca ekstrem yang terjadi hampir di seluruh wilayah Kalimantan Barat, longsor di kaki bukit Loeng menerjang Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu, 14 Juli 2021.


Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, hanya ada rumah warga yang rusak dalam peristiwa tersebut. Selain itu, material longsor berupa tanah dan air sempat menggenangi permukiman warga, termasuk lahan pertanian.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Anyim mengatakan, longsor terjadi karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Hampir seharian.

"Hujan dari jam satu siang kemarin sampai jam empat subuh tadi tidak berhenti henti, itulah yang menyebabkan tanah di bukit longsor," ujarnya.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, warga diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati saat pergi ke bukit mencari durian.

"Karena jaraknya sekitar 1 kilometer dari kaki bukit jadi warga tidak mengungsi, hanya diimbau selalu waspada. Kemudian karena sekarang musim buah durian, jadi harus hati-hati kalau pergi ke bukit untuk mencari buah durian karena ada satu pondok durian yang terkena longsor," ungkapnya.

Saat ini warga Desa Kepayang sedang gotong royong membersihkan sisa-sisa material longsor tersebut.

Sumber https://m.kumparan.com/hipontianak/longsor-di-kaki-bukit-loeng-terjang-permukiman-warga-kepayang-1w8FAGIK6Tr/full

Comments