Kredibilitas Joko Widodo Jadi King Maker Pilpres 2024 Ada Di Tangan Luhut Pandjaitan

Redaksi


IDNBC.COM  -
Kredibilitas Presiden Joko Widodo untuk menjadi "King Maker" di Pilpres 2024 sangat ditentukan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Jika Menko Luhut sebagai Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bisa menjalankan tugas dengan baik, maka kepercayaan rakyat pada Jokowi semakin tinggi.

Begitu juga sebaliknya, jika Menko Luhut gagal, maka bisa dipastikan rakyat semakin tidak akan mendengarkan apa yang disampaikan Jokowi.

"Saya kira, Jokowi berada di bayang-bayang Luhut untuk menimbang berhasil tidaknya PPKM Darurat ini. Karena Jokowi mempercayakan selalu kepada Luhut," ujar pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/7).

Sehingga, kata Saiful, kredibilitas Jokowi untuk menjadi "King Maker" di 2024 nanti akan ditentukan oleh keberhasilan Luhut dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini.

"Maka tentu kredibilitas Jokowi sangat ditentukan Luhut untuk kemudian Jokowi dapat menjadi “King Maker” dalam kontestasi pemilu dan pilpres mendatang," kata Saiful.

Namun, kata Saiful, jika PPKM Darurat gagal, maka Jokowi juga akan gagal menjadi "king maker" di 2024 mendatang.

"Kalau kemudian PPKM Darurat ini gagal dilaksanakan, maka tentu ini akan menjadi batu sandungan bagi Jokowi untuk menjadi king maker pada 2024 mendatang," pungkas Saiful.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/07/09/495674/kredibilitas-joko-widodo-jadi-king-maker-pilpres-2024-ada-di-tangan-luhut-pandjaitan

Comments