Distrik Tagime dan Tagineri Masuk Wilayah Kabupaten Jayawijaya

Redaksi


IDNBC.COM  -
Distrik Tagime dan Tagineri akhirnya disetujui masuk wilayah Kabupaten Jayawijaya. Sebelumnya kedua distrik ini diakui oleh Kabupaten Tolikara.


Kesepakatan dilakukan dalam pertemuan antara Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo dan Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua yang juga dihadiri Kepala Kejaksaan Wamena, serta Kapolres dan Dandim yang bertugas di dua kabupaten itu.

Bupati Kabupaten Tolikara, Usman G Wanimbo menjelaskan kedua distrik telah lama menjadi polemik.

"Sebenarnya Distrik Tagineri dan Tagime masuk Kabupaten Jayawijaya, dikarenakan jarak ke Kota Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya lebih dekat. Kami harap pengesahan berjalan dengan lancar dan aman," kata Usman, Sabtu (10/7).

Atas kesepakatan itu, kedua bupati melakukan Berita Acara Kesepakatan yang ditandatangani langsung oleh forkopimda yang hadir dalam rapat tersebut.

"Kami juga mengusulkan kepada Kapolres Tolikara dan Dandim 1702/JWY agar dapat membentuk Pospol atau Polsek maupun Pos TNI (Koramil) pada beberapa wilayah di Kabupaten Tolikara untuk menjamin situasi kamtibmas dan juga menjamin keamanan serta pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tolikara," jelas Usman.

Kapolres Tolikara, AKBP Y. Takamully mendukung kebijakan Pemda Tolikara dalam menjaga kamtibmas. dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Papua untuk mengurus seluruh kelengkapan administrasi yang diperlukan dalam pembentukan Pospol atau Polsek.

"Kami akan melakukan survei di titik-titik yang telah disampaikan oleh Pak Bupati dalam penempatan pos keamanan," jelasnya.

Sumber https://m.kumparan.com/amp/bumi-papua/sah-distrik-tagime-dan-tagineri-masuk-wilayah-kabupaten-jayawijaya-1w6hqG5npMi

Comments