Baltik Mencekam, Pesawat Tempur Supersonik Rusia Dikejar Jet Matador

Redaksi


IDNBC.COM
  - Langit di atas perairan Laut Baltik mendadak mencekam. Sejumlah pesawat tempur melesat cepat saling kejar di udara dekat perbatasan Lithuania.


Menurut keterangan resmi NATO Air Command yang didapatkan VIVA Militer, Jumat 9 Juli 2021, pesawat yang saling kejar itu milik dua negara berbeda.

Dua pesawat tempur supersonik diketahui milik Angkatan Udara Rusia, yaitu Sukhoi Su-24. Sedangkan pesawat tempur yang memburu merupakan Eurofighters milik Angkatan Udara negeri matador, Spanyol yang tergabung dalam NATO.

Menurut NATO Air Command, dua jet perang Rusia itu dikejar karena telah melanggar peraturan penerbangan internasional. Karena itulah Eurofighters Spanyol diterbangkan dari pangkalan militer NATO untuk menindak tegas dan melakukan pencegatan.

"Eurofighters Spanyol bergegas untuk mencegat dua pesawat tempur Rusia di Laut Baltik. Pesawat tempur Rusia tidak mengikuti peraturan penerbangan yang diakui secara internasional, yang menjaga langit tetap aman bagi semua pengguna," tulis NATO Air Command dalam pernyataannya.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia tak terima dengan tindakan itu, karena menurut Kremlin, kedua pesawat tempur mereka terbang di atas perairan netral di Laut Baltik. Dan dipastikan kedua pesawat tidak menerobos masuk ke wilayah kedaulatan negara lain.

"Dua pesawat Su-24 dari penerbangan angkatan laut Armada Baltik melakukan penerbangan pelatihan yang direncanakan di wilayah udara di atas perairan netral Laut Baltik," kata Kemenhan Rusia dalam keterangan kepada kantor berita pemerintah federal.

Sumber https://www.viva.co.id/amp/militer/militer-dunia/1386287-baltik-mencekam-pesawat-tempur-supersonik-rusia-dikejar-jet-matador

Comments