2 Masjid di Sunter Jakut Gelar Salat Jumat, Saf Meluas ke Jalan

Redaksi


IDNBC.COM  -
memantau suasana di lokasi Jumat (9/7/2021). Dua masjid itu adalah Masjid Jami' Al-Mukhlis dan Masjid Khoirul Biqo di Jalan Sunter Kemayoran, Sunter Jaya, Jakarta Utara. Sebagian jemaah tampak mengikuti salat Jumat di jalan.


Sementara itu, suasana lalu lintas di sekitar masjid tersendat. Antrean kendaraan terjadi di Jalan Sunter, Kemayoran, ke arah Jalan HBR Motik.

Kendaraan yang melintas pun terpaksa bergantian untuk lewat, karena jemaah memakai setengah badan jalan untuk salat. Selain itu, terdengar juga bunyi klakson dari para pengguna jalan.

Sekitar pukul 12.40 WIB, kedua masjid tersebut telah merampungkan salat Jumat. Jemaah tampak langsung bubar meninggalkan masjid, namun arus lalu lintas masih tampak padat karena banyaknya jemaah yang melintas dan memarkirkan kendaraan.

Seperti diketahui, pemerintah menerapkan PPKM darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Salah satu yang diatur adalah penutupan tempat ibadah.

"Tempat ibadah (masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan kelenteng serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah) ditutup sementara," kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7).

Namun sektor yang melayani kebutuhan sehari-hari tetap dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Luhut mengatakan supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50% (lima puluh persen).

Sedangkan apotek dan toko obat dapat buka selama 24 jam. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum seperti warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jalanan, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal, hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat (dine in).

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5637182/2-masjid-di-sunter-jakut-gelar-salat-jumat-saf-meluas-ke-jalan/amp

Comments