Tanggul 3 Meter di Solokan Jeruk Bandung Jebol Menerjang 2 RW

Redaksi


IDNBC.COM
- Sebuah tanggul setinggi 3 meter di Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung jebol. Akibat curah hujan tinggi, membuat tanggul tidak dapat menahan debit air yang tinggi dari sungai.


Camat Solokan Jeruk Rofiran mengatakan kejadian tanggul jebol terjadi pada Selasa (1/6) sekira pukul 23.00 WIB. Tanggul yang jebol berada di Kampung Muara Bojong Kesik, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

"Iya betul, sekira pukul 11 malam, tanggul jebol. Diduga karena tidak sanggup menahan debit air yang tinggi dari Sungai Cisunggalah. Soalnya, semalam hujannya deras sekali," ujar Camat Solokan Jeruk Rofiran saat dihubungi detikcom, Rabu (2/6/2021).

Data sementara, kata Rofiran air menerjang rumah warga di dua rukun warga. Ada sekitar 200 - 300 keluarga yang terdampak akibat tanggul jebol tersebut. Saat ini, pihak berwenang setempat tengah melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak.

"Data sementara, air menerjang dua RW, RW 1 dan RW 2. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa," kata Rofiran.

Rofiran mengatakan, tanggul tersebut merupakan tanggul penahan air yang cukup tinggi dan berfungsi menahan air dari Sungai Cisunggalah. Akibat debit air tersebut, tanggul diperkirakan jebol sekitar panjang 10 - 15 meter.

Pihaknya pun, saat ini dibantu dengan BPBD Kabupaten Bandung tengah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak. Sebagian warga memilih mengungsi ke rumah tetangga maupun saudara terdekat.

"Saat ini kita tengah melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak bersama desa dan BPBD," ungkap Rofiran.

Sumber https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5590254/tanggul-3-meter-di-solokan-jeruk-bandung-jebol-menerjang-2-rw/amp

Comments