Raja OTT KPK Berharap Jokowi Turun Tangan, Galau Digaji tapi Tak Kerja

Redaksi


IDNBC.COM -
Harun Al Rasyid, salah satu kepala satuan tugas penyelidikan terbaik yang dimiliki KPK terancam 'disingkirkan' gara-gara polemik tes wawasan kebangsaan (TWK). Harun menaruh harapan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para pegawai KPK yang dikenal berintegritas yang termasuk dalam 75 pegawai yang dinyatakan tak lulus TWK itu bisa kembali berkiprah memberantas korupsi.


"Harapan kami ke depan agar presiden, Pak Jokowi sesuai dengan amanat UU kewenangan yang diberikan UU, bisa mengambil alih persoalan ini, karena sudah hampir sebulan kami tidak melakukan pekerjaan apapun sementara kami digaji," kata Harun di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Harun resah sebab Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK yang menonaktifkan 75 pegawai itu membuat mereka luntang-lantung. Sedangkan, semangat pemberantasan korupsi masih membara di dada mereka.

"Tentu ada akibat pengaruh dari proses penonaktifan beberapa kawan ini. Kalau seperti saya ini termasuk tim DPO, yang diberi tugas oleh pimpinan untuk menangkap segera para DPO, tapi dengan SK 652 yang sudah dikeluarkan, tentu saya tidak berbuat banyak, saya sudah menyerahkan tugas dan tanggung jawab itu ke atasan saya," ujarnya.

Dia menyampaikan ada lebih dari lima kasus yang sudah matang dan siap untuk di-OTT. Namun OTT itu saat ini tidak bisa dilakukan.

"Demikian juga beberapa kasus yang sudah matang untuk dilakukan OTT, itu nggak bisa kami lakukan untuk sementara ini. Ada banyak kasus, lebih (dari lima). Dan itu yang menurut saya pengaruhnya besar terhadap pemberantasan korupsi ini," tuturnya.

"Apa kesalahan kami ini 75 ini, kami tidak berbuat pidana kok nggak mengambil uang suap dari pihak-pihak yang sedang kami periksa. Loh kok kami tidak punya salah, kok kami dipecat. Itu secara hakikat mestinya dipikirkan," imbuh Harun.

Harun sendiri pernah mengaku dijuluki sebagai 'Raja OTT'. Bahkan, julukan itu disebut Harun didapatnya dari Firli Bahuri yang kini menjabat sebagai Ketua KPK.

Cerita itu disampaikan Harun dalam tayangan di kanal YouTube Najwa Shihab yang diunggah pada 28 Mei 2021. Kala itu, menurut Harun, Firli bertugas sebagai Deputi Penindakan KPK saat memberikan julukan 'Raja OTT' padanya.

"Saya punya hubungan yang lebih khusus kalau dengan Firli. Jadi ketika dia jadi Deputi, saya dijuluki sama Firli itu raja OTT karena OTT terbanyak itu adalah pada saat Firli jadi deputi, 2018," kata Harun pada Najwa.

"Waktu itu 29 OTT," imbuh Harun.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5590872/raja-ott-kpk-berharap-jokowi-turun-tangan-galau-digaji-tapi-tak-kerja

Comments