Prabowo Ungkap Sejarah di Balik Patung Bung Karno Naik Kuda

Redaksi


IDNBC.COM
- Patung Presiden Pertama RI Soekarno diresmikan di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Patung tersebut menggambarkan Bung Karno tengah menaiki kuda.


Ternyata ada cerita di balik patung Bung Karno naik kuda tersebut. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

“Patung ini adalah ketika Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi kita yang pertama pada Hari Angkatan Perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta, menjadi inspektur upacara,” ujar Prabowo saat menyampaikan sambutan, Minggu (6/6/2021).

Dia mengatakan bahwa upacara tersebut merupakan momentum pertama kali Republik Indonesia menunjukkan angkatan perangnya yang siap mempertahankan kemerdekaan.

Eks Danjen Kopassus itu mengatakan, sebagaimana tradisi saat itu para pimpinan tentara meminta kesediaan Bung Karno untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda.Namun sebenarnya Bung Karno bisa dikatakan jarang naik kuda.

“Kita mengetahui sejarah bahwa pada saat itu Bung Karno jarang naik kuda. Tetapi karena beliau sadar peran beliau sebagai panglima tertinggi, akhirnya beliau hanya latihan tiga hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun merasa bangga adanya patung Bung Karno tersebut di Kantor Kemenhan.

“Karena itulah Kemenhan merasa bangga untuk membuat patung dimana panglima tertinggi kita pertama di atas kuda,” pungkas Prabowo.

Sumber https://nasional.okezone.com/amp/2021/06/06/337/2420903/prabowo-ungkap-sejarah-di-balik-patung-bung-karno-naik-kuda

Comments