Pemerintah Aceh Bahas Percepatan Investasi Murban Energy UEA di Pulau Banyak

Redaksi


IDNBC.COM -
Mendukung percepatan investasi Murban Energy, Uni Emirat Arab (UEA) pada sektor pengembangan pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil, Pemerintah Aceh menggelar rapat koordinasi tentang kesiapan dan peninjauan lapangan berkaitan dengan usulan pembangunan infrastruktur dan konektivitas.


Rapat berlangsung di kantor Bupati Aceh Singkil, Kamis (10/6/2021) dihadiri oleh dihadiri oleh jajaran Pejabat Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Bupati Aceh Singkil, Staf Khusus Gubernur Aceh, Iskandar, Kepala DPMPTSP Aceh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan pihak terkait lainnya.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil berkomitmen menyukseskan serta membantu percepatan pengembangan investasi Murban Energy di Pulau Banyak, Aceh Singkil,” kata Dulmusrid, Bupati Aceh Singkil.

Staf Khusus Gubernur Aceh, Iskandar, menyampaikan Pemerintah Aceh dan Murban Energy Ltd telah menandatangani Letter of Intents (Lol) pada Business Forum Indonesia – Uni Emirat Arab di Jakarta, pada 5 Maret 2021. Ini menjadi tahap awal minat percepatan pengembangan investasi oleh Murban Energy di Pulau Banyak.

Menurutnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, juga telah melakukan pertemuan di Abu Dhabi dengan Menteri Energy dan Infrastruktur UAE yang menegaskan permohonan Murban Energy kepada pemerintah Indonesia untuk dapat memberikan insentif yang diminta sebanding dengan besaran investasi yang akan dikeluarkan Murban Energy sebesar 300-500 juta USD. “Dan komitmen untuk turut membangun infrastruktur seperti airport, port dan jalan serta memberi manfaat sosial bagi masyarakat sekitar dari berbagai aspek dan kalangan,” jelas Iskandar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, mengatakan untuk menyukseskan percepatan pengembangan investasi Murban Energy, perlu melibatkan berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah terkait.

“Kehadiran investasi ini nantinya berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan dan terbukanya berbagai lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara Ketua Tim Koordinasi Penanganan Sengketa/Permasalahan Investasi dan Perdagangan Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Leo Mualdy Christoffel, menjelaskan pihaknya telah melakukan peninjauan ke Pulau Banyak. “Harapannya setelah rapat ini, dalam jangka waktu satu bulan kita sudah update kepada Menko dan melakukan pertemuan lagi untuk menerima progress lebih lanjut,” katanya.

Usai rapat, para delegasi melakukan peninjauan melalui rute Jalan Kab/Provinsi/Nasional Aceh Singkil - Subulussalam - Masingol - Dolok - Balige - Silangit (256 kilometer) untuk melihat langsung infrastruktur yang akan mendukung aksesibilitas rencana pengembangan investasi Murban Energy di Pulau Banyak.

Sumber https://m.kumparan.com/acehkini/pemerintah-aceh-bahas-percepatan-investasi-murban-energy-uea-di-pulau-banyak-1vuqb6rt0iV/full

Comments