KPU: Jadwal Pemilu dan Pilkada 2024 Belum Final

Redaksi


IDNBC.COM -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan bahwa jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang telah disepakati DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu belum bersifat final.


"Terkait beredarnya informasi mengenai beberapa poin kesepakatan yg beredar luas, perlu kami sampaikan bahwa kesepakatan tersebut baru merupakan hasil rapat konsinyering antara KPU, Bawaslu, Pemerintah (Kemendagri), dan DPR (Komisi II)," ujar Ilham Saputra dalam keterangannya, Sabtu (5/6/2021).

Ia menyebut, KPU tengah melakukan konsinyering yang merupakan forum rapat bersama para pihak di atas yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan dan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Rencananya akan dilaksanakan beberapa kali rapat konsinyering. Dan poin-poin tersebut dihasilkan dari rapat konsinyering pertama," tambah Ilham Saputra.

Menurut dia, poin-poin kesepakatan di atas merupakan kesepakatan awal. Sementara jadwal penyelenggaran kontestasi tersebut akan diputuskan melalui pleno.

"Proses pengambilan keputusan secara resmi akan diambil melalui pleno KPU dan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR saat KPU mengajukan rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal," lanjut Ilham Saputra.

"Pada forum itulah KPU akan mengajukan usulan final terkait hari pemungutan suara, lama waktu persiapan, kapan mulai pendaftaran parpol, berapa lama masa kampanye, dan lainnya," tandas Ilham Saputra.

Sumber https://nasional.okezone.com/amp/2021/06/05/337/2420605/kpu-jadwal-pemilu-dan-pilkada-2024-belum-final

Comments